Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor Perfilman Bisa Berdampak Positif terhadap Sektor Lain

Kompas.com - 21/07/2016, 21:34 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Produser Film Indonesia (Aprofi) Sheila Timothy mengatakan, perkembangan industri sektor perfilman bisa berdampak positif bagi industri sektor lain.

Salah satunya film Laskar Pelangi yang berdampak positif terhadap sektor penerbangan di Bangka Belitung.

"Sebelum ada film Laskar Pelangi, penerbangan ke Bangka itu cuma satu kali seminggu. Setelah ada film itu, hampir setiap hari ada penerbangan ke sana," ujarnya saat ditemui usai Dialog Investasi di Kantor BKPM, Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Contoh lainnya adalah film Tabula Rasa yang bertemakan kebudayaan di Indonesia.

Setelah menonton film tersebut, masyarakat menjadi tahu kebudayaan Indonesia dan nantinya akan penasaran untuk berkunjung ke tempat lokasi pengambilan gambar film tersebut.

"Paling sederhana bisa dilihat dari film Tabula Rasa yang waktu itu sempat diputar di Malaysia. Film itu membuat orang Malaysia yang nonton film ini jadi ingin merasakan masakan Padang. Ingin datang ke Papua, lokasi tempat shooting film ini. Sesederhana itu," ucapnya.

Menurut dia, industri perfilman mempunyai dampak ekonomi yang besar terhadap Indonesia.

Apalagi industri perfilman telah lepas dari Daftar Negatif Investasi (DNI) sehingga investor asing bisa menaruh dananya yang nantinya bisa memajukan industri perfilman.

"Film sebenarnya punya nilai seperti itu (ekonomi). Dengan dibuka DNI di industri ini, akan terbuka lebih luas lagi peluang ekonominya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com