Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik 4 Kali Lipat, Jumlah Ekspatriat China di AS

Kompas.com - 22/07/2016, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN Money

HONGKONG, KOMPAS.com - China telah mengirimkan ribuan eksekutifnya untuk bekerja di Amerika Serikat (AS). Mereka bekerja di perusahaan-perusahaan AS yang diakuisisi oleh pesaing mereka yang berasal dari China.

Jumlah ekspatriat China yang bekerja di AS pun telah meningkat secara dramatis dalam satu dekade terakhir. Menurut para ahli, tren ini tidak lain disebabkan semakin banyaknya perusahaan AS yang diambil alih.

"Kami melihat lonjakan yang besar. Perusahaan-perusahaan China berinvestasi sangat besar di Amerika dan mereka membawa eksekutif penting dan pegawai ke sini," ujar Bernard Wolfsdorf, pendiri dan managing partner di sebuah firma hukum imigrasi AS.

AS memberikan 10.258 visa seri L bagi pekerja China beserta keluarga mereka pada tahun 2015. Angka ini naik 4 kali lipat dibandingkan jumlah visa yang diberikan pada 2005.

Sekedar informasi, visa L-1 memungkinkan perusahaan yang beroperasi di AS dan luar negeri memindahkan staf ke AS.

Kesempatan bagi pegawai untuk membawa serta anggota keluarga mereka dipandang sebagai bonus. Perusahaan-perusahaan China telah "belanja banyak" dalam beberapa tahun terakhir.

Di 2015 saja, 17 miliar dollar AS telah digelontorkan untuk 120 investasi dan akuisisi di AS, berdasarkan data dari Dealogic.

Jumlah tersebut diprediksi akan semakin meningkat pada 2016 ini. Hingga pertengahan tahun ini saja, 29,4 miliar dollar AS telah digelontorkan China ke AS. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Money
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com