Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo II Gandeng JIEP Bangun Area Logistik Syariah

Kompas.com - 02/08/2016, 18:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) menandatangani nota kesepakatan dengan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) di sela-sela acara World Islamic Economic Forum (WIEF) 2016.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masasya mengatakan, kesepakatan kedua perusahaan tersebut meliputi penyusunan kerja sama pembangunan dan pengoperasian integrated logistic area yang dikelola secara syariah.

"Di area ini nanti kontainer atau barang-barang yang masuk di situ akan dikelola secara syariah," ujar Elvyn di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Ia mengatakan, kerja sama pembangunan area logistik syariah merupakan terobosan baru di Indonesia.

Diharapkan, produk-produk halal yang berasal dari negara-negara Timur Tengah dan sejumlah negara Islam lain bisa dikelola di area tersebut.

Saat ditanya nilai investasinya, Alvyn enggan mengungkapkannya. Meski begitu, ia mengatakan area penumpukan barang akan mencapai 24 hektar dengan kapasitas mencapai 3.500 ton barang.

"Dengan adanya halal hub ini kami mendeklarasi punya aktivitas logistik yang berdasarkan syariah," kata Elvyn.

Kompas TV Ekonomi Syariah Kian Redup 2016, Kok Bisa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com