Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UKM Indonesia Siap Hadapi Persaingan Pasar Global

Kompas.com - 03/08/2016, 17:51 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Koperasi dan UKM melalui Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) menyatakan, UKM di Indonesia telah siap menghadapi persaingan pasar global.

Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi mengungkapkan, pelaku usaha UKM semestinya tidak perlu khawatir akan persaingan di kelas internasional.

"Kalau kita tanya, teman-teman (UKM) siap memasuki pasar global. Yang jadi persoalan, kita sebagai anak bangsa siap atau tidak mengubah mindset untuk memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri," ujar Ahmad dalam diskusi "Menguji Ketangguhan Daya Saing UKM di Pasar Global" di Gedung Smesco, Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Ahmad menilai, antusiasme masyarakat dunia atau pasar internasional terhadap produk UKM asal Indonesia cukup tinggi.

Produk UKM Indonesia pada dasarnya telah mendapatkan kepercayaan pembeli potensial dari berbagai negara. 

"Kami juga sudah bantu ekspor ke Jerman, China, Perancis, Senegal, Meksiko, Italia, kita fasilitasi itu. Ini sekaligus memberikan gambaran bahwa UKM kita cukup memiliki prospek baik," ujarnya.

Ahmad menambahkan, barang yang diproduksi oleh UKM Indonesia merupakan produk handmade sehingga skala ekspornya masih terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com