Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Pastikan Izin Pembangunan KA Cepat Keluar Pekan Depan

Kompas.com - 06/08/2016, 17:58 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi masih melakukan finalisasi pemberian seluruh izin pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Ia memastikan izin itu akan keluar dalam waktu dekat.

"Kami lagi finalisasi, insyaallah minggu depan bisa dikeluarkan izinnya," ujar Budi Karya di sela-sela kunjungannya di Yogyakarta, Sabtu (6/8/2016).

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II (AP II) itu mengakui masih ada persyaratan yang belum dipenuhi oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku konsorsium proyek tersebut. Syarat yang dimaksud ialah pembebasan lahan.

Meski begitu, ia menilai masalah tersebut bisa diselesaikan oleh KCIC secara bertahap sembari proyek tersebut berjalan.

"Izin pembangunan itu bisa dijadikan konsorsium untuk memulai aktivitas pembangunan. Baik itu ke bank maupun persiapan yang lain," ujar Budi Karya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung bisa dilakukan setelah Kementerian Perhubungan mengeluarkan izinnya. Proses pendanaan proyek kereta cepat juga akan cair secara bertahap setelah semua izin pembangunan keluar.

Rencananya KCIC akan menandatangai kesepakatan dengan China Development Bank selaku penyedia dana mega proyek tersebut.

Kompas TV Dana & Lahan, Kendala Proyek Kereta Cepat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com