Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stabilkan Harga Pangan, Kementan dan Kemendag Siap Hilangkan Ego Sektoral

Kompas.com - 08/08/2016, 13:42 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan sepakat untuk menghilangkan ego sektoral dalam rangka peningkatan pasokan dan kestabilan harga bahan kebutuhan pokok.

Kementerian Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan dengan menghilangkan egosime sektoral, kedepan baik dirinya dan Mendag dapat langsung memberikan arahan kepada seluruh eselon lintas Kementerian.

"Seluruh eselon di Kementan bisa lakukan instruksi langsung, begitu juga sebaliknya. Ini egoisme sektor kita hilangkan, tujuan bagaimana rakyat sejahtera," ujar Mentan di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (8/8/2016).

Mentan menjelaskan pihaknya bersama Kementerian Perdagangan juga telah sepakat untuk memprioritaskan penyerapan seluruh hasil produksi pertanian para petani lokal untuk menjaga pasokan dan fluktuasi harga kebutuhan pokok.

"Ada komitmen bersama mulai dari petani. Menjaga petani agar mereka bisa produksi dengan baik, tantai pasok dijaga, dan harga di tingkat konsumen juga dijaga," jelas Mentan.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, egoisme sektoral dihilangkan untuk menghindari perbedaan pandangan demi kepentingan petani dan masyarakat.

"Tidak ada perbedaan sedikit pun antara kami berdua. Statement yang dikeluarkan oleh saya sama dengan yang dikeluarkan oleh Menteri Pertanian," pungkas Mendag.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com