Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China adalah Mitra Dagang Terbesar bagi ASEAN

Kompas.com - 08/08/2016, 13:45 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - China merupakan mitra dagang terbesar ASEAN dengan total perdagangan sebesar 346,4 miliar dollar AS atau setara dengan 15,2 persen dari nilai total perdagangan ASEAN pada 2015.

Dari data Kementerian Perdagangan untuk sektor investasi pada 2015, tercatat ASEAN menerima investasi asing langsung sebesar 8,2 miliar dollar AS dari China. Hal tersebut menempatkan China sebagai investor terbesar ke-4 secara total investasi ASEAN.

Jepang adalah mitra dagang ASEAN terbesar ke-2 dengan nilai perdagangan mencapai 239,4 miliar dollar AS pada 2015 atau setara dengan 10,5 persen dari total perdagangan ASEAN dan investasi asing langsung mencapai 17,4 miliar dollar AS.

Pada periode yang sama, total perdagangan dengan Korea mencapai 122,9 miliar dollar AS atau setara dengan 5,4 persen dari total perdagangan ASEAN, dengan nilai investasi asing langsung sebesar 5,7 miliar dollar AS. Hal ini menempatkan Korea sebagai sumber investasi terbesar ke-5 di kawasan.

Pada kerangka kerja sama ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Agreement (AANZFTA), total nilai perdagangan dengan Australia dan Selandia Baru sebesar 60,3 miliar dollar AS atau 2,6 persen dari total perdagangan ASEAN.

Investasi asing langsung dari Australia dan Selandia Baru mencapai 7,4 miliar dollar AS atau setara dengan 6,2 persen dari total investasi di ASEAN pada 2015.

Total perdagangan dengan Selandia Baru, mencapai 8,5 miliar dollar AS, dengan nilai investasi asing langsung sebesar 2,2 miliar dollar AS.

Sedangkan total nilai perdagangan dengan Australia sebesar 51,8 miliar dollar AS dan total investasi asing langsung sebesar 5,2 miliar dollar AS pada 2015. Australia merupakan mitra terbesar ke-7 bagi ASEAN.

India

Kinerja perdagangan ASEAN dengan India di 2015 mencapai 58,7 miliar dollar AS atau 2,6 persen dari total perdagangan ASEAN. India merupakan mitra dagang terbesar ke-6 bagi ASEAN pada 2015.

Nilai investasi asing langsung India mencapai 1,3 miliar dollar AS sehingga menempatkan India di peringkat ke-8 bagi sumber investasi di ASEAN.

Adapun kinerja perdagangan ASEAN dengan Hong Kong pada 2015 mencapai 90 miliar dollar AS, dan nilai investasi asing langsung mencapai 3,4 miliar dollar AS.

Kompas TV Ekonomi Vietnam dan Filipina Tinggalkan Indonesia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com