Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina dan NIOC Mulai Studi Pendahuluan Ladang Minyak di Iran

Kompas.com - 08/08/2016, 15:37 WIB
Estu Suryowati

Penulis

TEHERAN, KOMPAS.com — PT Pertamina (Persero) dan National Iranian Oil Company (NIOC) segera akan melakukan studi atau penelitian pendahuluan (preliminary study) dua ladang minyak raksasa di Iran, yakni Ab-Teymor dan Mandiri (Bangestan-Asmari).

Penandatanganan nota kesepahaman untuk melakukan penelitian pendahuluan dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Managing Director NIOC Ali Kardor di Teheran, Iran, pada Senin (8/8/2016).

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Republik Islam Iran merangkap Republik Turkmenistan, Octavino Alimudin.

Berdasarkan nota kesepahaman, Pertamina memiliki waktu enam bulan untuk melakukan studi dan selanjutnya menyampaikan preliminary proposal pengembangan kedua lapangan onshore yang memiliki cadangan lebih dari lima miliar barrel tersebut.

Di sisi lain, dalam penyiapan proposal tersebut, NIOC akan membuka informasi dan bekerja sama dengan tim Pertamina dalam bentuk joint working group.

Pertamina berharap setelah nota kesepahaman ini, kerja sama kedua pihak terealisasi lebih konkret dalam bentuk kesepakatan kontrak untuk kedua lapangan itu.

"Iran merupakan salah satu prioritas Pertamina. Kami serius untuk melakukan investasi hulu yang akan mendukung Iran meningkatkan produksinya. Di sisi lain, langkah ini sejalan dengan upaya perusahaan dalam mendukung ketahanan energi nasional," ujar Dwi melalui keterangan resminya, Senin.

Bisnis lain

Selain peluang bisnis hulu, Pertamina dan NIOC juga sepakat untuk menjajaki peluang bisnis lainnya.

"Masih banyak peluang mengembangkan kerja sama kedua perusahaan, yakni kerja sama pengadaan minyak mentah dan kondensat, pengelolaan kilang LNG, petrochemical, pengeboran dan oil service, dan lainnya," imbuh Dwi.

Sebelumnya, kedua perusahaan telah menyepakati kerja sama pasokan liquid petroleum gas (LPG).

Rencananya, pengapalan perdana LPG dari Iran ke Indonesia akan dilakukan pada September 2016 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com