Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertekan Saham-saham Farmasi, Wall Street Ditutup Melemah Tipis

Kompas.com - 09/08/2016, 07:07 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Wall Street beringsut menjauhi rekor yang telah dicapai, menyusul melemahnya saham-saham farmasi pada akhir perdagangan Senin atau Selasa dini hari (9/8/2016).

Akan tetapi, pelemahan yang terjadi tidak terlalu dalam seiring dengan harga minyak menguat yang didorong oleh positifnya laporan ketenagakerjaan AS.

Reli yang terjadi sejak akhir Juni membuat indeks S&P 500 menguat hingga mendekati 7 persen sejak awal tahun membuat investor terus memantau valuasi berbagai saham.

"Ini merupakan kondisi yang alami, pasar perlu waktu untuk berefleksi. Setiap investor saat ini mungkin bertanya, 'Apa yang telah saya lakukan selama ini?'" kata Brad McMillan, chief investment officer pada Commonwealth Financial Network sebagaimana dikutip dari Reuters, Selasa (9/8/2016).

Tertekan oleh saham-saham farmasi yakni Bristol-Myers, Merck dan Allergan, sektor healthcare pada S&P 500 turun 0,9, sedangkan sektor bio teknologi pada Nasdaq melemah 1,1 persen.

Akan tetapi, pelemahan yang terjadi di bursa AS berhasil diredam oleh menguatnya harga minyak.

Harga komoditas tersebut menguat hingga lebih dari 2 persen setelah laporan pada pekan lalu menyebutkan bahwa beberapa anggota OPEC akan mengurangi produksinya.

Di sisi lain, investor khawatir mengenai menguatnya sinyal bahwa kinerja emiten pada S&P 500 menurun. Kondisi tersebut membuat indeks The S&P 500 ditutup melemah tipis 0,09 persen di level 2.180,89.

Adapun indeks Dow Jones juga berakhir melemah tipis 0,08 dan berakhir pada 18.529,29, serta indeks Nasdaq ditutup turun 0,15 persen ke level 5.213,14.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com