Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow! Pemilik Rekening di Atas Rp 2 Miliar di Bengkulu Naik 30 Persen

Kompas.com - 11/08/2016, 13:15 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk wilayah Bengkulu mencatat adanya kenaikan jumlah masyarakat pemilik rekening di atas Rp 2 miliar di daerah itu. Kenaikan mencapai 30 persen menjadi 70 nasabah.

Kepala OJK wilayah Bengkulu, Yan Safri menyebutkan, saat ini terdapat 70 nasabah memiliki rekening di atas Rp 2 miliar. Sementara di 2015 hanya 48 orang.

"Data ini menunjukkan jumlah orang kaya di Bengkulu bertambah," kata Yan Safri, belum lama ini.

Meski pemilik rekening di atas Rp 2 miliar meningkat, namun pemilik rekening deposito di atas Rp 2 miliar mengalami penurunan dari 157 nasabah menjadi 134 nasabah pada tahun ini.

Meskipun pemilik rekening deposito berkurang, namun jumlah nominal deposito meningkat menjadi Rp 1,2 triliun. Tercatat jumlah pemilik rekening giro ada 81 rekening dengan nominal di atas Rp 2 miliar, jumlahnya mencapai Rp 2,2 triliun.

Secara total, OJK mencatat terdapat 285 nasabah perbankan di bengkulu yang memiliki tabungan, deposito dan giro di atas Rp 2 miliar dengan total dana Rp 1,23 triliun.

"Secara umum tabungan masyarakat Bengkulu masih di bawah Rp 10 juta," lanjutnya. Sejauh ini baru 68 persen masyarakat Bengkulu yang telah memiliki rekening di bank. 

Deputi Bank Indonesia di Bengkulu, Christin R Sidabutar menambahkan, aset perbankan di Bengkulu mencapai Rp 20 triliun dengan perputaran Rp 1,5 triliun.

Kompas TV Kredit Macet Perbankan Merangkak Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com