Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Industri Komponen Elektronik, Pemerintah Siap Beri Insentif Pajak

Kompas.com - 12/08/2016, 08:43 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perindustrian mendorong industri komponen elektronika di dalam negeri dapat terus tumbuh dan berkembang serta berperan menjadi bagian penting dari rantai pasokan untuk produk dunia.

Terlebih lagi, berdasarkan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional, industri elektronika termasuk salah satu sektor prioritas karena memiliki tingkat pertumbuhan tinggi.

“Karena itu, industri komponennya termasuk ke dalam industri pendukung yang perlu terus didorong pengembangannya,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Syarif Hidayat.

Untuk mencapai target tersebut, Syarif menyampaikan, pemerintah bertekad menciptakan iklim usaha yang kondusif melalui berbagai kebijakan strategis yang dapat mendukung berkembangnya kinerja industri elektronika dan komponennya di dalam negeri. “Di antaranya adalah kebijakan tarif dan perpajakan,” ujarnya.

Selain itu, kebijakan pengamanan pasar domestik melalui pengembangan dan pelaksanaan standardisasi bagi produk-produk elektronika, baik standar yang terkait dengan keselamatan, unjuk kerja, maupun standar penandaan.

Dengan upaya pemerintah tersebut serta ditetapkannya industri elektronika sebagai salah satu sektor prioritas, Kemenperin optimistis, para investor industri elektronika dan komponennya akan terus meningkatkan investasi di Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com