Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Bisnis, Hewlett Packard Akuisisi Pesaing Lama

Kompas.com - 12/08/2016, 13:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Raksasa teknologi Hewlett Packard Enterprise mengumumkan rencana akuisisi produsen komputer high-end ikonik Silicon Graphics (SGI).

Kabarnya, akuisisi tersebut seharga 7,75 dollar AS per saham atau 275 juta dollar AS baik tunai maupun dengan utang, setara sekira Rp 3,6 triliun.

Akuisisi ini dinilai sebagai satu cara HP memenangkan persaingan dari pesaing lamanya.

Tahun lalu, SGI membukukan pendapatan 521 juta dollar AS, merugi hampir 39 juta dollar.

Pendapatan SGI turun dalam beberapa tahun terakhir, tercatat sebesar 767 juta dollar AS pada tahun 2013.

Ketidakpuasan investor pun tecermin dari kinerja saham SGI yang sejak lama berusaha keras untuk tetap berada pada harga di atas 5 dollar AS per lembar saham.

Mengutip Business Insider, Jumat (12/8/2016), keputusan HP mengakuisisi perusahaan yang pendapatannya melorot adalah pilihan yang menarik.

Pasalnya, CEO Meg Whitman yang sudah lima tahun menjabat, mendivestasi perseroan dari unit bisnis yang kinerjanya kurang bagus dan mencari beberapa pasar yang memiliki potensi tumbuh.

Akhirnya, Whitman membelah HP menjadi dua perusahaan. HP Inc menangani bisnis mesin cetak dan komputer personal alias PC, sementara HPE menangani bisnis server, perangkat lunak, dan teknologi pusat data.

Berdasarkan pernyataan resmi HPE, akuisisi SGI akan meningkatkan kehadiran HPE dalam pasar high performance computing (HPC) yang saat ini memiliki valuasi 11 miliar dollar AS. Saat ini SGI memiliki sekira 1.100 orang pegawai.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com