Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-pencopotan Menteri Arcandra, IHSG Ditutup Naik 44,68 Poin

Kompas.com - 16/08/2016, 12:51 WIB
Aprillia Ika

Penulis

KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bereaksi terhadap pergerakan bursa global dengan mencatat kenaikan signifikan 44,68 poin atau naik 0,84 persen ke level 5.365,24 pada sesi I perdagangan saham, Selasa (16/8/206). Sebelumnya, IHSG dibuka di level 5.341,95 dan mencapai titik tertinggi di level 5.372,38.

IHSG memang dalam tren kenaikan, setelah sebelumnya sejumlah fund manager mengestimasi IHSG hingga akhir tahun akan menyentuh level 5.600. Sementara itu, pasca-pencopotan menteri ESDM Arcandra Tahar pada Senin malam, IHSG tetap tdak terpengaruh dan ditutup dengan kenaikan di sesi I.

Dari 10 indeks sektoral pendukung bursa, semua juga mencatatkan kenaikan. Lokomotif kenaikan ada pada sektor perkebunan dengan kenaikan 1,8 persen. Disusul sektor industri dasar yang naik 1,63 persen.

Dari data RTI, sebanyak 192 saham ditutup menguat, 92 saham ditutup turun, dan 84 saham ditutup tetap. Kemungkinan IHSG akan terus menguat sebab investor asing masih meminati pembelian saham. Net foreign buy di semua papan perdagangan tercatat Rp 263,8 miliar.

Volume perdagangan saham sepanjang sesi I perdagangan saham mencapai 3,63 miliar saham sementara nilai perdagangan mencapai Rp 3,55 triliun.

Kenaikan IHSG sejalan dengan kenaikan bursa Amerika Serikat, yang pada penutupan perdagangan pagi ini ditutup dengan catatan rekor. Kenaikan bursa Amerika Serikat di Wall Street didorong oleh kenaikan harga minyak dan pelemahan dollar AS. Indeks S&P naik 0,28 persen, indeks Dow Jones naik 0,32 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com