Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Susi Tenggelamkan 63 Kapal "Illegal Fishing"

Kompas.com - 16/08/2016, 20:20 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menenggelamkan 63 kapal illegal fishing pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2016.

Jumlah kapal tersebut sedikit menyusut dari rencana semula yakni 71 kapal. "Ada 63 kapal karena enggak cukup (kalau 71 kapal)," ujar Susi di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Sebenarnya stok tangkapan kapal illegal fishing lebih dari 63 kapal. Hanya saja kata Susi, kapal-kapal tersebut banyak yang masih dalam proses hukum sehingga belum berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

Menteri asal Pangandaran, Jawa Barat itu menuturkan, penenggelaman 63 kapal illegal fishing tidak akan menggunakan bahan peledak melainkan hanya membuka keran air pada kapal sehingga kapal tersebut tenggelam dengan sendirinya.

Menurut Susi, hal tersebut dilakukan lantaran pemerintah ingin menjadikan bangkai kapal tersebut sebagai rumpon atau karang buatan tempat berkumpulnya ikan.

Rencananya, penenggelaman kapal ikan illegal itu akan dilakukan di 8 tempat berbeda di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com