Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjadi Raksasa Otomotif, Toyota Beberkan Cara Hasilkan Produk Berkualitas

Kompas.com - 16/08/2016, 23:06 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kesuksesan Toyota sebagai raksasa otomotif di Indonesia tidak terlepas dari strategi dalam meningkatkan kemampuan dan kapasitas sumber daya manusianya.

Selama 45 tahun berkiprah dalam industri otomotif di Indonesia, Toyota selalu mempertahankan budaya Kaizen dan melaksanakan kegiatan Quality Control Circle (QCC).

Dengan meluncurkan buku yang berjudul Perubahan Tiada Henti, 25 tahun Perjalanan Quality Control Circle (QCC), Toyota Indonesia mengisahkan tentang konsep membangun manusia sehingga bisa menghasilkan produk yang berkualitas.

"Cara ini (QCC) melibatkan banyak orang di area kerja sehingga ke depan kita semua dapat merasakan berbagai pekerjaan yang lebih baik," ujar Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), di Gedung Kompas Gramedia Palmerah, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Dalam buku yang diterbitkan oleh Kompas Gramedia itu dijelaskan terkait kegiatan QCC yang dilakukan Toyota selama 25 tahun, mulai dari awal perkenalan, tantangan, hingga kesulitan yang dihadapi.

QCC merupakan cara untuk pengembangan diri bagi para sumber daya manusia yang dimiliki oleh Toyota untuk mengembangkan mutu dan membuat produktivitas bertambah, kerja sama menjadi lebih solid, serta lebih nyaman dalam bekerja.

Buku yang ditulis oleh Joice Tauris Santi, wartawan Kompas, itu diharapkan dapat menginformasikan cara mempertahankan mutu produk dan pelayanan ke berbagai pihak.

Sementara itu, Direktur PT TMMIN Bob Azam mengatakan, pelaksanaan QCC merupakan cara yang ampuh dalam mengembangkan karyawan.

Menurut dia, pelaksanaan QCC secara konsisten merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengembangkan para karyawan dalam jumlah banyak dengan waktu lebih singkat.

"Budaya teamwork yang begitu kental di QCC melahirkan semangat mentoring di mana para senior secara sukarela membantu para yuniornya untuk terjun dan berpikir layaknya seorang engineer dalam aktivitas QCC ini," jelasnya.

Buku 25 Tahun Perjalanan QCC Toyota Indonesia, Perubahan Tiada Henti, Membangun Manusia Sebelum Membuat Produk bisa didapatkan di seluruh outlet Gramedia di Indonesia.

Kompas TV Pabrik Baru Toyota di Karawang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com