Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Prestasi Bidang Syariah Menurut Kemenkeu? Ini Jawabannya...

Kompas.com - 19/08/2016, 13:37 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Keuangan mencatat, sejak 2008 hingga saat ini, penerbitan sukuk mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Rendahnya risiko yang ditimbulkan dari sukuk yang diterbitkan pemerintah ini membuat investor terus meningkatkan investasinya di instrumen investasi syariah ini.

"Penerbitan sukuk negara yang selalu meningkat signifikan adalah suatu prestasi dalam bidang syariah," ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (PPR) Kementerian Keuangan Robert Pakpahan di Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Robert menyebutkan, pada tahun 2008 sukuk negara masih tercatat sebesar Rp 4,7 triliun. Namun, pada tahun 2016 ini, sukuk negara sudah mencapai Rp 153,7 triliun.

"Tahun 2008 sejak diterbitkan Rp 4,7 triliun, di 2015 Rp 118,51 triliun, dan hingga pertengahan Agustus 2016 ini sudah mencapai Rp 153,7 triliun," sebut Robert.

Pihaknya pun berencana terus meningkatkan instrumen investasi syariah mengingat minat masyarakat yang terus meningkat akan permintaan produk syariah.

"Nanti akan kita tingkatkan lagi karena memang banyak peminatnya," pungkas Robert.

Kompas TV Ekonomi Syariah Kian Redup 2016, Kok Bisa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com