Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelontorkan Rp 130 Miliar, AP II Kembangkan Bandara Silangit

Kompas.com - 19/08/2016, 18:50 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

TAPANULI UTARA, KOMPAS.com — Dalam mendukung potensi pariwisata Danau Toba, PT Angkasa Pura II (Persero) mengembangkan Bandar Udara (Bandara) Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

General Manager Bandara Kualanamu Iwan Krishadianto menjelaskan, Angkasa Pura II mengucurkan dana sebesar Rp 130 miliar untuk mengembangkan Bandara Silangit.

"Kalau untuk pengembangan terminalnya sendiri sekitar Rp 19 miliar, dan untuk overlay runway-nya Rp 41 miliar, nanti kita masih ada perpanjangan runway, dan lain sebagainya," ujar Iwan di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Jumat (19/8/2016).

Dalam mengembangkan terminal Bandara Silangit, AP II menargetkan pengerjaan itu selesai pada Desember 2016. Adapun untuk overlay terhadap runway akan selesai pada Maret 2017 dan perpanjangan runway keseluruhan akan selesai pada akhir 2018.

Sementara itu, saat ini Bandara Silangit memiliki runway atau landasan pacu sepanjang 2.400 meter dan lebar 30 meter. Pada tahap pertama, landasan akan diperpanjang menjadi 2.650 meter dengan lebar 45 meter.

Adapun kapasitas terminal akan dibesarkan hingga dapat menampung 100.000 penumpang per tahun dari saat ini yang hanya mampu menampung 35.000 penumpang per tahun.

"Jadi nanti kalau sudah selesai, pesawat jenis 737-800 sudah bisa mendarat di sini. Sekarang kan yang paling besar itu hanya 737-500," tambah Iwan.

Saat ini, okupasi penumpang Bandara Silangit sudah mencapai 15.000 orang per bulan. Maskapai yang sudah beroperasi di Bandara Silangit antara lain Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air, dan Susi Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com