Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Tingkatkan Penyaluran Kredit di Wilayah Perbatasan Atambua

Kompas.com - 22/08/2016, 17:15 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste, Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT), makin terakses lembaga jasa keuangan.

Hal ini menyusul penyaluran kredit yang makin meningkat dari PT Bank Mandiri (Persero) di kawasan tersebut.

Hingga pertengahan Agustus 2016, Bank Mandiri telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 125,11 miliar, terdiri dari segmen usaha mikro sebesar Rp 92,82 miliar dan segmen usaha menengah sebesar Rp 32,3 miliar.

Kepala Bank Mandiri Atambua Dagomes Lein menuturkan, penyaluran kredit tersebut naik 25 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebesar Rp 94 miliar.

Menurutnya, askes kredit ini bermanfaat untuk mendorong kemajuan ekonomi di wilayah perbatasan.

“Pengembangan ekonomi di wilayah perbatasan Indonesia perlu dukungan semua pihak, termasuk perbankan. Atas dasar itu, kami ingin terus meningkatkan peran aktif sekaligus memperkuat kehadiran kami di seluruh Tanah Air,” kata Gomes dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (22/8/2016).

Lebih lanjut, Gomes mengatakan, pembiayaan ke segmen mikro memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan perputaran ekonomi di wilayah perbatasan Indonesia.

Pasalnya, segmen usaha ini menyentuh langsung sendi perekonomian masyarakat setempat.

Penyaluran kredit Bank Mandiri di wilayah Atambua ini sebagian besar diperuntukkan bagi sektor usaha perdagangan.

Gomes menilai, wilayah Atambua memiliki potensi bisnis yang sangat baik. "Ke depan, kami berencana meningkatkan dan memperluas penyaluran pembiayaan ini dengan menambah unit kantor Bank Mandiri," ucap Gomes.

Atambua merupakan kota di perbatasan Indonesia dan Timor Leste dengan letak ketinggian 350 mdpl serta dikelilingi perbukitan.

Kota ini membentang sejauh lebih kurang 8,5 km dari utara (Haliwen) ke selatan (Motabuik) dan sekitar 5 km dari timur (Fatubenao) ke barat (Wekatimun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com