Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pacaran Jarak Jauh Bikin Boros? Ini Strategi Hematnya..

Kompas.com - 22/08/2016, 19:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah kamu atau kenalanmu mengalami pacaran berbeda jarak yang cukup jauh seperti beda pulau atau negara? Pacaran jarak jauh alias long distance relationship (LDR) merupakan hubungan yang membutuhkan komitmen kuat agar tetap berjalan dengan baik.

Sepintas LDR tidak memakan biaya yang banyak karena intensitas bertemu lebih jarang. Kenyataannya tidak juga.

Sebagai contoh biaya komunikasi bisa bengkak kalau kamu menggunakan telepon terus, apalagi harus roaming.

Untuk hal ini, setidaknya ada beberapa strategi yang bisa kamu gunakansehari-hari. Coba terapkan beberapa strategi ini:

1. Gunakan layanan telepon murah atau aplikasi chatting

Agar biaya telepon atau video call menjadi gratis, gunakan aplikasi chatting dan video call yang mudah diunduh di smartphone kalian.

Pastikan sinyal koneksi kalian sama-sama lancar di tempat kalian berada agar bisa menikmati panggilan jarak jauh tersebut.

Jika salah satu dari kamu tidak memiliki smartphone, manfaatkan jam-jam malam untuk menelepon pasangan. Cek provider kamu masing-masing apakah terdapat promo seperti telepon bebas pulsa atau pulsa ringan di jam tertentu.

2. Gunakan Promo Tiket Pesawat dan Layanan Airmiles

Ada kalanya, Anda ingin saling bertemu untuk melepas rindu. Anda bisa memanfaatkan promo penerbangan murah dan mengatur jadwal pertemuan bersama.

Caranya, selalu perhatikan apabila maskapai penerbangan favorit kamu kebetulan menawarkan promo untuk terbang murah.

Agar mendapatkan harga tiket yang paling murah, usahakan untuk mengecek jadwal penerbangan dengan harga tiket terjangkau.

Alternatif lainnya, pesan tiket pesawat di luar musim liburan agar harga yang kamu bayar cenderung lebih murah.

Untuk layanan penerbangan, manfaatkan fitur poin airmiles atau poin loyalty yang didapat dengan bergabung di keanggotan maskapai penerbangan tersebut.

Kamu bisa mendapat beberapa keuntungan seperti menukar poin tersebut dengan tiket pesawat gratis atau layanan akomodasi gratis.

Alternatif lain, carilah kartu kredit yang menawarkan fitur poin airmiles. Fungsi poin airmiles ini mirip dengan poin loyalty, namun bisa kamu peroleh dari transaksi sehari-hari sehingga cocok bagi kamu yang tidak terlalu sering melakukan penerbangan.

3. Cari tempat romatis yang bisa dihemat
Jika kamu hanya bertemu pasangan sekali dalam jangka waktu yang lama, ada kecenderungan untuk mendatangi restoran mahal atau melakukan kegiatan mahal lainnya, dengan tujuan agar pertemuan kalian berkesan.

Misalnya, kalian berencana untuk makan malam mewah, maka carilah restoran yang menawarkan promo agar acara makan kalian tidak terlalu boros namun tetap berkesan.

 

Jika kantong pas-pasan, cobalah cari alternatif yang menyenangkan. Kegiatan piknik bersama juga bisa jadi mengesankan asalkan tempat piknik juga menyenangkan.

Kompas TV Fajar: Pacaran di Bioskop, Yuk! (SUCI 6 Show 5)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com