Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evaluasi Arus Mudik, Menteri Perhubungan: Pemudik Mobil di Luar Prediksi

Kompas.com - 24/08/2016, 18:45 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memaparkan hasil evaluasi selama arus mudik dan balik lebaran 2016 dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR.

Menhub mengungkapkan, data keseluruhan arus mudi di 2016 mengalami peningkatan penumpang sebesar 746.172 penumpang, selain itu Menhub juga menjelaskan jumlah angka kecelakaan mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Mobil meningkat 11, 8 persen dari 2,3 juta ke angka 2,6 juta. Ini melebihi prediksi awal. Sedangkan sepeda motor naik 23 persen dari 3,37 juta ke angka 4,6 juta. Prediksi awal kami naik 40 persen," kata Budi Karya dalam paparannya di Ruang Rapat Komisi V DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

"Kecelakaan, mempertahankan zero accident. Kecelakaan lalu lintas yang terjadi 2.979 kejadian. Sedangkan di 2015 ada 3.172 kejadian," tambah Menhub.

Sementara itu, terkait ramp check armada bus yang dilakukan pihaknya menjelang arus mudik, berdampak positif untuk mengurangi kecelakaan.

Hasil ramp check mampu menekan angka kecelakaan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sebesar 35 persen.

Persiapan Arus Mudik 2017 Menhub menambahkan, dalam menghadapi arus mudik 2017 pihaknya menyatakan perlu adanya upaya peningkatan dari sisi antisipasi yang lebih baik.

Menurutnya, antisipasi itu mulai dari rekayasa lalu lintas di jalan bebas hambatan dan jan nasional, dan juga mengupayakan pembangunan Tol Trans Jawa hingga Semarang.

Antisipasi lain, transaksi cepat di pintu tol menggunakan e-money. Pengamanan jalan dengan menambah rambu, lampu jalan dan lainnya. Juga ada pos darurat seperti pos kesehatan. Serta ada patroli bersama. Helikopter juga disiapkan di titik-titik tertentu.

"Pemda setempat juga harus ikut berperan. Pembatasan waktu di rest area. Pembatasan motor. Tarif layanan iklan masyarakat pada TV ditentukan pemerintah," pungkas Menhub.

Kompas TV Kemenhub Evaluasi Kinerja Lion Air

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com