Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Kembali Buka Lowongan Kerja, Catat Tanggalnya...

Kompas.com - 25/08/2016, 09:15 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) kembali membuka rekrutmen umum melalui acara career days UGM ke 20 di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada 27-28 Agustus 2016.

Hal ini dilakukan setelah menarik 3.871 pelamar kerja pada Polban Career Expo tanggal 19-21 Agustus 2016 di Pendopo Agung Politeknik Negeri Bandung.

Kedua rekrutmen ini adalah rekrutmen terbuka yang dapat diikuti oleh pencari kerja dari kampus manapun untuk jenjang S2, S1, D-IV dan D-III jurusan teknik maupun non teknik.

"Ini dilakukan dalam rangka menjaring tenaga kerja muda terbaik untuk mendukung proses bisnis PLN ke depannya," ujar Senior Manager Public Relations PLN, Agung Murdifi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/8/2016).

Pengumuman rekrutmen telah diinformasikan sejak 18 Juli 2016 melalui website PLN di www.pln.co.id. Pelamar dapat mendaftar dengan dua cara yaitu melalui pendaftaran online dan pendaftaran pada saat acara berlangsung.

Pelamar yang mendaftar secara online tetap diminta hadir pada saat acara untuk memverifikasi berkas.

Ada 18 jurusan yang akan dibuka dimana untuk jenjang S2 ada 11 jurusan, jenjang S1 dan D-IV ada tiga jurusan dan untuk jenjang D-III ada empat jurusan. Untuk persyaratan pelamar serta jurusan yang dibuka dapat melihat informasi lebih detil di www.pln.co.id.

Tahun ini PLN memang berencana merekrut tenaga kerja secara besar-besaran, yakni sekitar 5.558 pegawai baru. Jumlah ini lebih besar dari jumlah rekrutmen pegawai tahun-tahun sebelumnya. 

"Kami harap, di Career Days UGM ke-20, kami bisa kembali menjaring bibit-bibit unggul untuk bersama-sama PLN menerangi nusantara dan membangun Indonesia yang lebih baik," tandas Agung.

Tercatat, selama 2016, PLN telah mengangkat 3.639 pegawai baru dari jenjang SMA/SMK hingga S2. Rekrutmen dilakukan secara bertahap dan saat ini sudah mencapai 72 persen dari target tahun ini.

Diharapkan rekrutmen pegawai sudah mencapai 101 persen  pada Desember 2016. Hingga saat ini, jumlah pelanggan PLN secara nasional mecapai lebih dari 62 juta pelanggan.

Terkait pembukaan lowongan pekerjaan, PLN menghimbau agar pelamar berhati-hati terhadap penipuan informasi rekrutmen.

PLN tidak melakukan korespondensi terkait rekrutmen dan tidak memungut biaya apapun selama pelamar mengikuti seleksi yang diselenggarakan PLN.

Selain itu, tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi. Informasi pengumuman dan pendaftaran rekrutmen PT PLN (Persero) dapat dilihat pada situs resmi pln.co.id.

Elektrifikasi

Sementara angka rasio elektrifikasi sampai dengan tahun 2015 masih 88,3 persen. Untuk mempercepat peningkatan rasio elektrifikasi, pemerintah pun mencanangkan program pembangunan pembangkit 35.000 MW beserta jaringan transmisi 46.000 kms dan Gardu Induk 108.000 MVA hingga 2019.

Oleh karena itu, PLN perlu menambah dan meningkatkan tenaga-tenaga kerja terbaik yang dapat mendukung realisasi program tersebut.

Kompas TV PLN Klaim Proyek 35.000 Megawatt Masih Berjalan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com