Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Fed Beri Sinyal Kenaikan Suku Bunga Tahun Ini

Kompas.com - 27/08/2016, 06:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN Money

NEW YORK, KOMPAS.com - Gubernur bank sentral AS Federal Reserve Janet Yellen dalam pidatonya memberi sinyal kemungkinan kenaikan suku bunga acuan Fed Fund Rate tahun ini. Menurut dia, wacana kenaikan suku bunga sudah kian menguat dalam beberapa bulan terakhir.

"Saya yakin perihal kenaikan Fed Fund Rate telah menguat dalam beberapa bulan ini," kata Yellen dalam pidatonya di kota Jackson, negara bagian Wyoming.

Dalam pidatonya, Yellen menerangkan tentang perangkat kebijakan The Fed yang digunakan kala periode Great Recession.

Ia pun menyatakan The Fed pernah mematok suku bunga acuan sebesar nol persen pada tahun 2008 silam.

Suku bunga acuan yang rendah akan membuat kalangan bisnis mudah dalam memperoleh pinjaman dan merekrut tenaga kerja baru.

Namun, rendahnya suku bunga juga menjadi alasan penting yang membuat pasar saham rally sangat kuat dalam 7 tahun terakhir.

Karena investor memperoleh sedikit bunga dalam investasi yang aman seperti treasury bonds AS, maka kebijakan The Fed bisa menyebabkan investor mengambil langkah yang lebih agresif.

"Jika pemimpin The Fed di masa mendatang tetap memasang suku bunga hampir nol, maka mereka mendorong upaya pengambilan risiko yang eksesif dan mempengaruhi stabilitas keuangan," jelas Yellen.

The Fed menaikkan suku bunga acuan pada Desember 2015 untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade. Pada awal tahun ini, The Fed menyatakan bakal menaikkan suku bunga sebanyak 4 kali.

Akan tetapi, jatuhnya harga minyak, perlambatan di China, bergejolaknya pasar saham, dan voting Inggris keluar dari Uni Eropa memaksa The Fed merevisi rencananya.

Kini, The Fed memprediksi kenaikan suku bunga sebanyak dua kali tahun ini. 

Kompas TV The Fed Naikkan Bunga?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com