Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senyum Menhub Budi Karya Setelah 20 Menit Jelajahi Sudut "New Priok"

Kompas.com - 29/08/2016, 06:36 WIB
Estu Suryowati

Penulis

KALIBARU, KOMPAS.com - Berkemeja putih dengan setelan celana hitam, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi duduk di bangku paling depan bus yang sudah terparkir di halaman kantor PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II atau Indonesia Port Coorporation (IPC), Sabtu (27/8/2016).

"Ayo, ayo, masih ada bangku di sini," kata Menhub Budi sembari mengulurkan tangan kepada Kompas.com.

Sesaat setelah semua penumpang duduk, rombongan dan bus melaju meninggalkan kantor Pelindo II menuju dermaga Tanjung Priok.

Ya, kali ini rombongan memang akan meninjau khusus pelabuhan Kalibiru, pelabuhan baru sebagai 'adik' pelabuhan Tanjung Priok, bersama Menhub Budi Karya.

Di perjalanan, Budi yang duduk bersebelahan dengan wartawati sebuah media nasional tak henti-hentinya menceritakan apa-apa yang ada di pelabuhan baru Kalibaru, yang dikenal dengan nama New Priok tersebut.

Di belakang kursi pengemudi, Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya juga banyak menceritakan soal pelabuhan Kalibiru kepada Kompas.com.

Mantan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan itu juga bercerita mengenai pengalamannya mengelola Pelindo II. Dia mengaku, ada kemiripan antara mengelola pelabuhan dengan BPJS, sama-sama soal pelayanan. Maklum, sebelum masuk Pelindo II, Elvyn adalah bos di BPJS Ketenagakerjaan.

Di luar sana, matahari yang mulai meninggi menyinari setiap sudut pelabuhan Tanjung Priok lama. Alat-alat pengangkat berat menarik perhatian rombongan, sebab banyak kontainer yang antri di bawahnya.

"Kami juga sedang melakukan modernisasi, banyak alat baru yang kami pasang di Terminal Peti Kemas 1 Pelabuhan Kalibaru, atau NPCT1 (New Priok Container Terminal 1)," lanjut Elvyn.

Lebih kurang 10 menit kemudian, bus sudah sampai di dermaga lama Pelabuhan Tanjung Priok. Rombongan kemudian berganti moda dengan kapal menuju pelabuhan baru Kalibaru atau New Priok.

Perjalanan menuju Terminal Peti Kemas 1 Kalibaru ditempuh selama lebih kurang 15 menit. Rombongan Menhub Budi, Elvyn dan sejumlah pejabat menyusuri Tanjung Priok dengan kapal yang berbeda dari rombongan pewarta.

Begitu mendarat, rombongan sudah disiapkan mobil dan bus untuk mengelilingi Kalibaru. Sekadar informasi, Terminal Peti Kemas 1 Pelabuhan Kalibaru terdiri dari tiga terminal peti kemas dan satu terminal produk. 

Pantauan Kompas.com, terminal peti kemas masih relatif bersih dari kontainer. Hanya ada beberapa saja yang terparkir. Maklum, terminal perti kemas ini hanya akan beroperasi setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Menhub Budi, pihaknya berencana menyampaikan permohonan kesediaan Presiden untuk meresmikan Terminal Peti Kemas 1 Kalibaru dalam rapat kabinet terbatas pekan depan.

Sementara sang Dirut, Elvyn, berharap peresmian Terminal Peti Kemas 1 Pelabuhan Kalibaru bisa dilakukan awal pekan September 2016.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com