Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Cermati Isu Pengemplangan Pajak oleh Apple, Wall Street Ditutup Melemah Tipis

Kompas.com - 31/08/2016, 07:25 WIB

NEWYORK, KOMPAS.com - Saham-saham di bursa AS dtutup melemah tipis, Selasa atau Rabu (31/8/2016) dini hari, setelah pada hari sebelumnya bergerak menguat.

Para investor tengah mencermati berita utang pajak Apple Inc di Irlandia serta menebak kemungkinan arah suku bunga acuan Federal Reserve.Para investor tengah mencermati berita utang pajak Apple Inc di Irlandia serta menebak kemungkinan arah suku bunga acuan Federal Reserve.

Indeks Dow Jones ditutup melemah 49 poin atau 0,3 persen. Sementara itu Standard & Poor's 500 turun tipis 0,2 persen dan indeks Nasdaq composite juga ditutup turun 0,2 persen.

Wall Street kembali bergerak fluktuatif seiring dengan tidak jelasnya the Fed dalam menentukan suku bunga acuannya, setelah sebelumnya Janet Yellen menyatakan indikator the Fed Rate naik semakin menguat.

Sebuah "kubu" pelaku pasar di Wall Street bahkan percaya bahwa kenaikan itu akan terjadi pada 20-21 September 2016, jika laporan ketenagakerjaan bulan Agustus menguat.

Isu lain yang juga menjadui perhatian investor adalah kabar mengenai perusahaan pembuat iPhone, Apple yang harus membayar utang pajak hingga 14,5 miliar dollar AS ke Irlandia, setelah badan anti monopoli Uni Eropa menyatakan perusahaan yang berbasis di AS ini mendapatkan keuntungan perpajakan secara ilegal selama lebih dari dua dekade.

Pada sebuah surat, CEO Apple Tim Cook merespon, "Komisi Uni Eropa telah menggulirkan upaya untuk menorehkan sejarah Apple di Eropa, serta mengabaikan kebijakan perpajakan di Irlandia dan membalikkan aturan perpajakan internasional".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber USA Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com