Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPS Umumkan Deflasi 0,02 Persen di Agustus, IHSG Ditutup Anjlok 50,40 Poin

Kompas.com - 01/09/2016, 12:22 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada jeda perdagangan siang ditutup anlok 50,40 poin atau turun 0,93 persen ke level 5.335,68.

Pasar sepertinye merespon negatif pengumuman BPS yang menyatakan adanya deflasi di Agustus sebesar 0,02 persen. Ini merupakan deflasi terendah sejak 2001. Deflasi disebabkan oleh harga bahan makanan dan jasa transportasi.

Di awal perdagangan, IHSG sudah tertekan. Hingga jeda siang, aksi lepas portofolio oleh investor asing yang tercatat di semua papan perdagangan mencapai Rp 160,4 miliar.

Sebanyak 57 saham ditutup turun dan 221 saham ditutup  dan 69 saham ditutup tetap. Nilai transaksi perdagangan saham di jeda siang ini mencapai Rp 2,62 triliun.

Semua indeks sektoral pendukung bursa ditutup turun. Penurunan per sektor di atas satu persen antara lain untuk sektor perkebunan, aneka industri, perdagangan, properti dan industri dasar.

Dengan melemahnya IHSG, maka kenaikan IHSG selama seminggu terkoreksi turun 1,26 persen sedangkan dalam satu bulan juga terkoreksi turun 0,7 persen.

Kompas TV IHSG Sentuh 5.000, Dirut BEI Jalan Kaki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com