Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag: Aturan Harga Acuan 7 Komoditas Tunggu Persetujuan Kemenko Perekonomian

Kompas.com - 01/09/2016, 20:31 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Pertanian telah menyepakati harga acuan untuk tujuh komoditas strategis, meliputi beras, kedelai, jagung, cabai, bawang merah, daging sapi, dan gula.

Menurut Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan, saat ini draft tersebut masih ada di meja Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Dia berharap aturan harga acuan untuk tujuh komoditas strategis bisa dirilis secepatnya.

“Peraturan Menteri Perdagangannya siap ditandatangan, tinggal menunggu persetujuan Pak Menko. Karena semua kebijakan yang akan keluar di tim ekonomi harus persetujuan Kemenko dulu,” kata Oke kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Oke memastikan, kedua kementerian yakni Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian sudah menyepakati harga acuan di tingkat produsen (floor price) dan di tingkat konsumen (ceiling price) untuk ketujuh komoditas tersebut.

“Kemendag dan Kementan sudah oke. Tinggal menunggu persetujuan Menko, setelah itu ditandatangan, kelar. Mudah-mudahan (keluar minggu ini). Kami sudah menunggu (draft itu disetujui) seminggu ini,” ujar Oke.

Sebelumnya, rencananya harga acuan untuk beras di tingkat petani ditetapkan Rp 7.300 per kilogram, sedangkan untuk bawang merah ditetapkan Rp 15.000 per kilogram, dan untuk jagung sebesar Rp 3.150 per kilogram.

Sementara itu, HET di tingkat konsumen untuk daging sapi sebesar Rp 80.000 per kilogram dan untuk gula pasir sebesar Rp 12.500 per kilogram. (baca: BPS: Penetapan HET Komoditas Strategis Bagus, Asal Ada Suplainya..)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com