Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Kemenkop Pasarkan Produk UKM Indonesia

Kompas.com - 01/09/2016, 22:17 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memberikan akses pasar dan sarana promosi terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM), Kementerian Koperasi dan UKM melalui Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) kerap menggelar acara pameran dan juga event-event yang memasarkan produk-produk UKM.

Seperti hari ini, Kamis (1/9/2016), Kemenkop menggelar acara "Pesona Kain Etnik Nusantara" di Gedung Smesco Jakarta yang melibatkan para komunitas pecinta kain etnik dan 38 disainer karya-karya batik tradisional.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Kemenkop Ahmad Zabadi mengatakan bahwa Gallery UKM Smesco akan menjadi pusat desain para desainer Indonesia.

"Dari Smesco akan lahir tren-tren fesyen berbasis heritage Indonesia, dan bernuansa budaya Nusantara. Selain itu, kita juga ingin masyarakat khususnya kalangan generasi muda aware menggunakan kain nusantara. Dengan begitu, kita turut meningkatkan kapasitas UKM-UKM kita, selain memelihara budaya kain etnik," kata Zabadi di Smesco Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Zabadi memastikan bahwa event-event seperti pameran merupakan hal yang rutin dilakukan. "Hampir setiap minggu kami menggelar event yang menunjukkan bahwa UKM kita juga memiliki keunggulan. Tujuannya, agar masyarakat cinta produk UKM Indonesia. Yang jelas, kami akan selalu memfasilitasi event-event yang berkaitan dengan pemberdayaan produk-produk UKM agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri," imbuh Zabadi.

Dia menambahkan, saat ini sudah ada 2000 UKM yang telah memasarkan produknya di Smesco.

"Kami terus melakukan capacity building untuk UKM di seluruh Indonesia, dengan sekitar 90.000 produk UKM hasil kurasi yang ada di Galeri kami. Untuk yang belum lolos kurasi, kami terus melakukan pendampingan," pungkas Zabadi.

Sementara itu, Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Kemenkop merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kemenkop yang bertugas memberikan layanan informasi pasar, pelaksanaan layanan sarana pemasaran, dan pelaksanaan layanan promosi produk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com