Cek 4 Cara Mengatur Keuangan untuk Wanita "Single" Berikut Ini - Kompas.com

Cek 4 Cara Mengatur Keuangan untuk Wanita "Single" Berikut Ini

Kompas.com - 05/09/2016, 12:02 WIB
Shutterstock Jangan biarkan zona nyaman menghalangi keinginan Anda untuk mengembangkan karier.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di zaman yang sudah merdeka ini, tentu melihat wanita dengan karir yang sangat baik sudah tidak lagi menjadi hal yang asing di mata kita.

Kini, banyak wanita yang lebih mementingkan dan memilih untuk menjadi wanita karir dari pada menjadi Ibu rumah tangga saja yang kerjanya diam di dalam rumah.

Terlebih lagi untuk wanita single, kesempatan ini tentu akan digunakan sebaik mungkin untuk membangun karir mereka. Namun, terkadang, menjadi wanita single memang jauh lebih sulit dari yang dibayangkan.

Karena hidup masih dengan kesendiriannya, kebutuhan yang dikeluarkan pun memang tidak terlalu banyak.

Namun keinginan untuk menyenangkan diri sendiri terkadang menjadi masalah dalam mengontrol keuangan mereka.  Terlebih lagi wanita sangat lemah dengan hal yang berkaitan dengan diskon atau promo.

Belanja memang sudah menjadi salah satu ciri khas wanita di mana pun mereka berada. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memberikan empat tips cara mengatur keuangan untuk kalian para wanita single.

1.    Tahan diri dalam berbelanja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa wanita sangatlah lemah dengan hal yang berkaitan dengan belanja, diskon dan juga promo.

Keinginan para wanita untuk berbelanja memang sangat sulit untuk dibendung. Terlebih lagi untuk wanita yang masih berstatus single, mereka tidak memiliki beban yang cukup erat dalam membiayai keluarga, sehingga terkadang mereka lebih memilih menghabiskan uang mereka untuk berbelanja.

Padahal, hal inilah yang menjadi kelemahan paling besar wanita. Walaupun diketahui sebagai makhluk yang paling bisa mengkoordinir keuangan dengan baik, apabila sudah berkaitan dengan belanja, wanita bisa menjelma menjadi sosok yang sangat lemah.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatur keuangan Anda adalah dengan menahan diri dari godaan diskon ataupun promo barang-barang wanita.

Cara ini memang sulit untuk dilakukan, namun sangat ampuh apabila berhasil Anda taklukan. Selain itu, Anda bisa mengalokasikan uang belanja Anda ke tabungan masa depan Anda.

Apabila Anda sudah berumah tangga, uang tabungan tersebut bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih baik dan lebih berguna tentunya.

2.    Mengatur keuangan bulanan

Wanita memang dikenal sebagai makhluk yang rapi dan jauh lebih terorganisir dibandingkan pria. Oleh karena itu, cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan sebagai wanita single adalah dengan mengatur keuangan pribadi Anda dengan jangka waktu berkala.

Cobalah untuk membuat anggaran bulanan dan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulannya.

Di akhir bulan nanti, Anda bisa meneliti sendiri mengapa uang Anda cepat habis dan coba untuk menghilangkan pembelian yang tidak begitu penting agar di bulan-bulan berikutnya, keuangan Anda bisa lebih terkontrol.

3.    Investasi

Di kala Anda masih single, namun sudah memiliki penghasilan bulanan, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk berinvestasi. Cobalah untuk menginvestasikan uang Anda ke beberapa produk ataupun ke barang yang nantinya bisa Anda jual lagi.

Selain itu, Anda pun bisa menginvestasikan uang Anda ke sebuah usaha atau bisnis. Putarkan uang yang Anda punya sehingga uang anda akan tetap utuh, atau bahkan bisa jadi jauh lebih banyak di kemudian hari, ketika  Anda benar-benar membutuhkan uang tersebut.

4.    Tabung dan siapkan uang darurat

Menabung adalah salah satu cara paling manjur untuk mengatasi permasalahan keuangan, namun menabung pun terkadang menjadi salah satu hal yang sangat sulit untuk dilakukan, terlebih lagi untuk wanita.

Coba Anda pikirkan, apabila Anda tidak memiliki tabungan, namun sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana yang cukup besar untuk sesuatu hal yang sangat penting dan genting.

Tentu saja ini akan menjadi sebuah masalah baru dalam hidup Anda. Dengan bermodalkan pemikiran seperti itu, semoga bisa jadi pendorong Anda untuk mulai menabung sedini mungkin.

Siapkan uang tabungan yang cukup untuk menyambut masa depan dan juga menangani masalah-masalah keuangan yang bersifat darurat. Terlebih lagi untuk para wanita single, tabungan Anda akan sangat berguna ketika Anda ingin berumah tangga nantinya.

Kompas TV Wanita Ini Ubah Celana Bekas Jadi Tas

EditorAprillia Ika
SumberCermati.com,
Komentar
Close Ads X