Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosikan Produk UKM, Kemenkop Gandeng Lion Group

Kompas.com - 07/09/2016, 22:20 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna meningkatkan akses pasar dan promosi produk Usaha Kecil Menengah (UKM), Kementerian Koperasi dan UKM RI melakukan kerja sama pemasaran produk UKM dengan Lion Air Group.

Kerja sama tersebut diwujudkan dengan penandatangan nota kesepahaman bersama di gedung Lion Parcel di kawasan Kedoya, Jakarta Barat, Rabu (7/9/2016).

Menkop UKM AAGN Puspayoga dan Pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana turut hadir menyaksikan penandatangan MoU yang dilakukan oleh Dirut Lembaga Pemasaran, Kemenkop UKM Ahmad Zabadi bersama Presdir Lion Group Edward Sirait.

Menkop Puspayoga menyatakan, penandatanganan kerja sama ini merupakan langkah sinergi yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

"Ada tiga serangkai, yaitu pariwisata, UKM, dan transportasi yang harus seiring dikembangkan. Jika pariwisata di suatu wilayah berkembang, UKM-nya pasti maju. Nah, terkait transportasi, itu juga penting. Di sini Lion Air hadir untuk melengkapi pariwisata dan UKM," kata Puspayoga di Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Lion Air Group melalui anak usahanya PT Lion Parcel membantu UKM untuk mendistribusikan produk-produk UKM ke seluruh Indonesia.

Pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana mengatakan saat ini banyak sekali produk-produk UKM yang menarik di daerah, tetapi UKM tersebut sulit sekali untuk memasarkannya.

MoU ini diharapkan menjadi solusi dari masalah tersebut. UKM-UKM bisa memanfaatkan layanan yang disediakan oleh Lion Parcel untuk mengirimkan produknya dengan biaya khusus.

"Nantinya kami lakukan pengiriman produk-produk UKM menggunakan armada milik maskapai Lion Group," ungkap Rusdi.

Presdir Lion Air Group Edward Sirait menjelaskan, kerja sama dengan Kemenkop dan UKM ini mencakup pemasaran dan promosi, fasilitas pergudangan, distribusi barang di dalam dan luar negeri, serta pelatihan bagi UKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com