Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia X Salah Rute, Ini Tanggapan Manajemen AirAsia

Kompas.com - 08/09/2016, 14:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen AirAsia menyatakan telah memperbaiki flight management system, menyusul terjadinya salah rute penerbangan dari yang seharusnya Sydney ke Kuala Lumpur, justru mendarat di Melbourne.

Kesalahan rute penerbangan itu terjadi pada 10 Maret 2015 pada pesawat Airbus A330 AirAsia X bernomor registrasi 9M-XXM.

"Seluruh pesawat AirAsia X telah dilengkapi dengan flight management system yang telah ditingkatkan kapasitasnya sejak kejadian tersebut," tulis manajemen dalam keterangan resminya yang diterima Kompas.com, Kamis (9/8/2016).

Manajemen juga mengungkapkan bahwa para pilot maskapai penerbangan tersebut mendapatkan paket pelatihan untuk meningkatkan ketepatan pengoperasian dan penyelarasan sistem navigasi dari Air Data dan Inertial Reference System.

"Memberikan pengarahan kepada seluruh Pilot terkait hasil temuan investigasi internal dan mengkaji Recovery Procedure yang perlu dijalankan," jelas manajemen.

Sebelumnya, Biro keselamatan transportasi Australia (ATSB) akhirnya menyelesaikan penyelidikan terhadap kesalahan yang dilakukan maskapai Air Asia pada 2015.

Pada Maret 2015, sebuah Airbus A330 milik maskapai Air Asia X lepas landas dari Sydney dengan tujuan Kuala Lumpur, Malaysia.

Namun, pesawat itu akhirnya hanya mendarat di Melbourne yang berjarak sekitar 715 kilometer dari kota Sydney.

Setelah melakukan penyelidikan atas masalah ini ATSB menyimpulkan kekacauan itu timbul akibat pilot salah memasukkan info penerbangan ke dalam sistem pesawat tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com