Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukseskan PON XIX 2016, XL Perkuat Kualitas Jaringan

Kompas.com - 09/09/2016, 06:17 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat tinggal beberapa hari lagi. PT XL Axiata Tbk (XL) pun turut menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data demi suksesnya hajatan olahraga terbesar di Tanah Air tersebut.

Layanan telekomunikasi dan data akan sangat diperlukan dalam mendukung aktivitas penyelenggaraan ajang tersebut. Selain itu, juga untuk kebutuhan individual baik mereka yang terlibat secara langsung dalam pesta olahraga tersebut maupun penonton atau sekadar masyarakat yang ikut menyemarakkannya.

VP XL Central Region XL, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, sebagai operator, sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk mendukung setiap even berskala nasional seperti PON ini.

"Secara khusus kami juga melakukan optimasi jaringan, khususnya di sekitar venue juga lokasi-lokasi yang terkait erat dengan penyelenggaraan PON. Untuk itu, kualitas jaringan Data XL akan kami pastikan bisa melayani semua kebutuhan itu,” kata dia, melalui rilis ke Kompas.com.

Sofia menambahkan, Tim XL sejak pekan lalu sudah memastikan kualitas jaringan yang bisa mendukung PON tersebut. Saat ini tim XL juga masih terus melakukan optimasi di berbagai lokasi tempat berlangsungnya perlombaan atau pertandingan PON.

Salah satu lokasi yang diperkirakan akan menjadi tempat konsentrasi massa antara lain adalah di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Gedebage Bandung, yang akan menjadi lokasi pembukaan PON pada 17 September 2016. Untuk itu, di tempat tersebut, XL melakukan persiapan khusus.
 
Jaringan 4G dari XL yang sudah melayani sejumlah kota di Jawa Barat akan sangat membantu penyelenggaraan PON tesebut.

Sejumlah lokasi bahkan berada dalam jangkauan layanan 4G XL, yang saat ini sudah meng-cover sejumlah kota yang juga menjadi ajang PON, antara lain di Kota Bandung, Cimahi, Cirebon, Sumedang, Bogor, Bekasi, dan Indramayu.

Sementara itu di wilayah Kota Bandung yang paling banyak menyediakan venue olahraga, jaringan XL didukung dengan total sekitar 710 unit BTS, sebanyak 120  unit di antaranya adalah BTS 4G.

Ada sekitar 25 cabang olahraga yang dipertandingkan di wilayah Kota Bandung. Selain itu di wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, masing-masing ada 10 dan lima cabang.

Kompas TV Kirab Api PON XIX 2016 Tiba di Ciamis


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com