Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebanjiran Dana Asing, Rupiah Menguat

Kompas.com - 09/09/2016, 15:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) melaporkan aliran dana asing yang masuk ke Indonesia semakin banyak. Masuknya dana asing ini turut mengerek rupiah.

Bank sentral menyatakan, hingga minggu pertama bulan September 2016, dana asing yang masuk ke Indonesia mencapai Rp 135 triiun.

"Tahun lalu untuk periode yang sama kira-kira Rp 41 triliun,” kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo di kantornya di Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Agus menjelaskan, banjirnya aliran dana asing yang masuk ke Indonesia tersebut turut membuat nilai tukar rupiah menguat.

Pada pekan ini saja, mata uang Garuda menguat 1,4 persen bila dibandingkan dengan pekan lalu. Dengan demikian, saat ini nilai tukar rupiah mencapai kisaran Rp 13.070 per dollar AS.

Agus mengatakan, masuknya dana asing ini tidak terlepas dari kondisi perekonomian global yang menguat. Pada pekan ini, perekonomian global terpantau lebih kuat dan stabil dibandingkan pekan sebelumnya. 

“Dalam banyak kondisi, stabilitas global terjaga karena di AS indikator tenaga kerja tidak sebaik yang diperkirakan, non farm payroll lebih rendah," kata Agus.

"Perkembangan harga minyak terakhir, Rusia dan Iran, ingin sepakat dengan OPEC untuk stabilisasi harga minyak. Hal itu membuat harga minyak meningkat.”

Mengutip data American Petroleum Institute, Agus menyebut inventori minyak sedikit menurun. Sehingga, diduga The Fed akan menahan kenaikan Fed Fund Rate. 

Kompas TV Dana Asing Banjiri Pasar Keuangan Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com