Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelanggan Tersenyum? Wah, Sesuatu Banget Tuh!

Kompas.com - 10/09/2016, 14:00 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Petuah Handi Irawan, pencetus ide Hari Pelanggan Nasional sejak 4 September 2003, ada benarnya. Melayani pelanggan barangkali sudah menjadi kewajiban di banyak perusahaan. Namun, mencoba memahami pelanggan sebagai jiwa bagi perusahaan mungkin belum berhasil diwujudkan. Begitu tulis Handi Irawan, kelahiran Solo, Jawa Tengah pada 1 April 1964, di laman www.haripelanggan.com.

Tak bisa dimungkiri pula, pemeo lawas ini masih berlaku. Pelanggan adalah raja. Namun, tantangan yang muncul adalah bahwa perusahaan acap tertatih-tatih mengikuti harapan pelanggan yang kian meningkat.

Salah satu langkah yang banyak dipilih oleh perusahaan adalah melakukan inovasi. Serentetan catatan dari Asuransi Astra melalui laman www.asuransiastra.com menunjukkan hal tersebut. Masuk  menjadi anggota keluarga PT Astra International Tbk sejak 1981, Asuransi Astra pada 1995 meluncurkan produk asuransi mobil Garda Oto. Sebagai sebuah inovasi, Garda Oto merupakan produk asuransi mobil pertama yang memiliki merek.

Di Indonesia, pemilik mobil kian bertambah. Itu berarti pelayanan mesti ditambah pula. Bahkan, bila perlu, sepanjang 24 jam.

Lantaran itulah, lima tahun kemudian, pada 2000, lahir Garda Akses 24 jam. Selanjutnya, ada pula Garda Siaga untuk melayani pelanggan yang membutuhkan bantuan darurat di jalan raya.

Berlanjut pada 2007, setelah pada 2005, Asuransi Astra mendirikan unit usaha syariah bagi pelanggan ritel dan korporasi, ada peluncuran e-marine yang merupakan pelayanan berbasis digital. Proses ini merupakan penyederhanaan penerbitan sertifikat asuransi, salah satunya, bagi pelanggan komersial.

Meluas pada bidang kesehatan, setahun kemudian, pada 2008, hadir Garda Medika. Produk ini merupakan asuransi kesehatan.

Waktu terus berjalan. Pada 2014, pentingnya menunjukkan diri sebagai perusahaan inovatif membuat Asuransi Astra meluncurkan identitas baru. Pelanggan bisa melihat pada dari peremajaan Garda Siaga Emergency Roadside Assistance yang menggunakan teknologi hidrolik terbaru dan peluncuran layanan baru Garda Siaga Emergency Medical Assistance untuk memudahkan pelanggan melakukan klaim.

Setahun sesudah 2014 yakni pada 2015, peluncuran aplikasi Garda Mobile Otocare menjadi momentum berikutnya. Aplikasi bergerak yang membuat pelanggan mendapatkan mitra berkendara ini menggunakan tagline atau semboyan Peace of Mind in Your Pocket.

Terkini, pada 2016, ada aplikasi Garda Mobile Medcare di bidang asuransi kesehatan dan Garda Mobile Otocare v 2.0. Tak ketinggalan, going mobile adalah bentuk digitalisasi di masa melesatnya perkembangan teknologi menjadi andalah Asuransi Astra sebagai strategi perusahaan.

Tentu saja, dengan seabrek inovasi tadi, hal penting selanjutnya adalah melakukan komunikasi meluas dengan pelanggan. Lagi-lagi, pesan Handi Irawan, ini merupakan cara ampuh merebut hati pelanggan. Kalau komunikasi berhasil dan pelanggan tersenyum, bagi perusahaan, rasanya, sesuatu banget tuh!

Tak perlu beranjak dari Hari Pelanggan, imbuh Handi Irawan lagi. Pasalnya, momentum Hari Pelanggan paling pas untuk kian menghangatkan relasi antara perusahaan, termasuk Asuransi Astra, dengan pelanggan.

Sekadar informasi, pada Hari Pelanggan Nasional, pengguna Garda Mobile Medcare dan Otocare, baik pelanggan maupun bukan pelanggan Asuransi Astra bakal memperoleh kesempatan mendapatkan Moviecard XXI di Garda Center Asuransi Astra di seluruh Indonesia. Pada laman resmi Asuransi Astra, informasi selengkapnya tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com