Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Akui "Dwelling Time" di Pelabuhan Indonesia Masih Lambat

Kompas.com - 13/09/2016, 15:50 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengakui waktu bongkar muatan barang atau dwelling time pada pelabuhan di Indonesia masih mengalami perlambatan.

Dia mencatat, beberapa pelabuhan besar yang waktu bongkar muatan barangnya masih mengalami perlambatan.

Misalnya, pada Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan dwelling time enam hari. Lalu di Pelabuhan Belawan, Medan, terjadi dwelling time lebih dari enam hari.

"Ini masih memprihatikan. Itu juga adanya pihak-pihak yang belum konsisten untuk melayani satu atap," ujar Budi saat ditemui di Terminal Petikemas Kalibaru, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Dia mengatakan, pihaknya akan mengambil langkah untuk mempercepat waktu bongkar muat barang. Salah satunya, dengan menyiapkan tim untuk memantau proses bongkar muat barang di pelabuhan-pelabuhan.

Budi tidak secara memberitahukan secara rinci tugas yang dilakukan tim tersebut. Setelah membentuk tim, Kemenhub akan meminta koordinator, apakah dati pihak Bea Cukai atau lainnya, untuk melakukan kordinasi.

"Kalau satu ini (koordinator) setuju semuanya harus setuju. Mereka (tim) selalu harus ada disini," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo marah atas durasi bongkar muat barang di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara. Menurut Presiden, dwelling time di pelabuhan tersebut masih jauh dari harapan.

"Di Belawan masih tujuh, delapan hari. Mau bersaing kayak apa kita kalau masih tujuh, delapan hari, coba?" ujar Presiden.

(Baca: Jokowi Marah soal "Dwelling Time", Mendag Salahkan Importir yang Tak Disiplin)

Kompas TV Jokowi Ancam Percepatan Bongkar Muat Kapal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com