Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamkrindo Jamin Kredit Sistem Resi Gudang

Kompas.com - 19/09/2016, 18:20 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) menggandeng PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) untuk meningkatkan bisnis Sistem Resi Gudang (SRG).

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Direktur Utama Perum Jamkrindo Diding S Anwar dan Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) R Ruli Adi di Kantor Pusat Perum Jamkrindo Senin (19/9/2016).

Diding menjelaskan, penandatanganan nota kesepahaman tersebut sebagai bentuk sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap potensi yang dimiliki oleh masing-masing pihak.

"PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) sebagai penerbit sertifikasi resi gudang dan pemilik gudang akan sangat membantu tugas Perum Jamkrindo dalam menjalankan bisnis sistem resi gudang,” ujar Diding di Kantor Pusat Perum Jamkrindo, Jakarta, Senin (19/9/2016).

Sementara itu, Direktur Utama BGR R Ruli Adi menjelaskan dalam SRG, perseroan memiliki tiga peran utama, yakni sebagai pengelola gudang, pembina calon pengelola gudang, dan penguji kesesuaian gudang.

“BGR juga berperan melatih dan mensupervisi calon pengelola gudang dalam waktu enam bulan hingga setahun,” jelas Ruli.

Sepanjang 2016, BGR telah mengelola sebanyak 24 gudang SRG yang tersebar di 24 kabupaten.

Sedangkan untuk resi gudang yang telah diterbitkan sepanjang 2016, yakni sebanyak 42 resi gudang dengan jumlah tonase sejumlah 758.438 ton.

“Sekitar 86,7 persen komoditi yang disimpan dan telah diterbitkan resi gudangnya adalah gabah, sisanya yakni kopi, rotan, dan jagung. Juga terdapat komoditas rumput laut yang disimpan di gudang SRG,” terang Ruli.

SRG merupakan instrumen perdagangan maupun keuangan yang memungkinkan komoditas yang disimpan dalam gudang memperoleh pembiayaan dari lembaga keuangan tanpa diperlukan jaminan lainnya asalkan bekerja sama dengan Jamkrindo.

Sedangkan Jamkrindo merupakan adalah perusahaan penjaminan kredit di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com