Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Miliarder Ini Rogoh Lebih dari Rp 6,5 Triliun untuk Bantu Pengungsi

Kompas.com - 20/09/2016, 18:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Miliarder George Soros telah menyatakan investasi sebesar 500 juta dollar AS atau lebih dari Rp 6,5 triliun guna membantu para migran dan pengungsi di seluruh dunia. Soros adalah pemilik Soros Fund Management yang memiliki valuasi sebesar 25 miliar dollar AS.

"Kami akan berinvestasi pada perusahaan rintisan, perusahaan yang sudah berdiri, gerakan berdampak sosial, dan bisnis-bisnis yang didirikan oleh para migran dan pengungsi sendiri. Investasi ini harus sukses," kata Soros seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (20/9/2016).

Investasi ini akan dimiliki oleh organisasi nirlaba Soros. Keuntungannya akan ditujukan kepada program pendanaan di Open Society Foundations, termasuk program yang memberi manfaat bagi para migran dan pengungsi.

Soros berencana bekerja sama dengan organisasi lainnya, termasuk Office of the United Nations High Commissioner for Refugees dan International Rescue Committee.

Kerja sama ini dimaksudkan untuk membentuk prinsip investasi yang sesuai untuk inisiatif yang telah disebutkan.

Menurut data UNHCR, saat ini setidaknya 65,3 juta orang di seluruh dunia terpaksa dipindahkan lokasinya. Sebanyak 21,3 juta di antaranya adalah pengungsi dan 10 juta orang tak berkewarganegaraan alias stateless.

Hampir separuh pengungsi di dunia melarikan diri dari konflik di Suriah, Afganistan, dan Somalia.

Filippo Grandi selaku United Nations High Commissioner for Refugees menyatakan, pihaknya mendukung upaya Soros untuk berinvestasi guna membantu para pengungsi agar dapat berdikari sekaligus membantu komunitas yang telah menampung pengungsi.

"Pengungsi butuh akses finansial dan layanan hukum, pendidikan, dan kesempatan kerja," ungkap Grandi.

Soros adalah pendiri dan pimpinan Open Society Foundations, jaringan yayasan yang mendukung berbagai isu seperti pendidikan, hak asasi manusia, migrasi, serta kesehatan. Open Society Foundations kini memiliki 40 kantor perwakilan di seluruh dunia.

Kompas TV Dunia Berkomitmen Atasi Krisis Pengungsi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com