Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Pertumbuhan Ekonomi di Bali Masih Baik

Kompas.com - 23/09/2016, 12:34 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Perekonomian di Bali memiliki posisi dan peran strategis terhadap ekonomi nasional. Untuk itu Bank Indonesia (BI) berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah untuk terus mendukung pencapaian target pertumbuhan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Kinerja perekonomian Bali masih menunjukkan tren yang baik. Bank Indonesia mendorong pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat mendukung pencapaian target perekonomian nasional," kata Kepala Perwakikan BI Provinsi Bali, Causa Iman Karana, Denpasar, Bali, Jumat(23/9/2016).

Iman juga menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Bali yang masih membaik terlihat dari peningkatan angka pertumbuhan dari sebesar 6,05 persen (yoy) para kuartal I 2016 menjadi 6,53 persen (yoy) pada kuartal II 2016. Pertumbuhan ini di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,18 persen (yoy).

"Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi Provinsi Bali pada 2016 diperkirakan mengalami peningkatan yaitu pada kisaran 6,15 persen-6,55 persen (yoy). Perkembangan harga turut menunjukkan kondisi terjaga," tambahnya.

Bank Indonesia Provinsi Bali juga menjelaskan terkait inflasi Bali pada Agustus 2016 tercatat 0,51 persen (mtm), lebih baik dibanding inflasi pada bulan Juli yang sebesar 0,57 persen.

Secara tahunan inflasi di Bali tercatat sebesar 2,81 persen (yoy), lebih rendah dari periode yang sama pada tahun sebelumnya Agustus 2015 yang tercatat sebesar 7,05 persen (yoy).

Tingkat inflasi Provinsi Bali pada 2016 diperkirakan sesuai target sebesar 4,0 persen, kurang lebihnya 1,0 persen (yoy).

Kompas TV BI Prediksi Ekonomi 2017 Tumbuh di Atas 5%

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com