Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Goldman Sachs Berencana Pangkas Seperempat Posisi Kerja di Asia, Ada Apa?

Kompas.com - 25/09/2016, 20:45 WIB
Aprillia Ika

Penulis

KOMPAS.com - Goldman Sachs Group Inc berencana untuk memangkas 75 posisi pekerjaan di Asia, tidak termasuk di Jepang. Jumlah ini mencapai seperempat dari total posisi kerja di Goldman Sachs di Asia.

Apa penyebabnya? Seperti dikutip dari Bloomberg, narasumber terkait mengatakan hal ini dilakukan akibat turunnya jumlah kesepakatan yang dilakukan pihak bank dengan pemangku bisnis terkait di wilayah ini.

Menurut nara sumber, bank yang bermarkas di New York tersebut akan melakukan pemangkasan tersebut di tahun ini.

Reduksi pekerjaan ini juga hadir sebagai rentetan menurunnya kemampuan bank mengantisipasi penurunan ranking-nya di Asia sejak 2008, berdasarkan kompilasi data Bloomberg.

Ekuitas yang ditawarkan di Asia sudah turun 29 persen tahun ini dan peringkat Goldman menurun menjadi peringkat ke-11 dari peringkat dua di 2015. Peringkat ini yang terburuk dalam delapan tahun.

Perusahaan juga mendapatkan tekanan pada peranannya dalam kesepakatan penjualan obligasi senilai 6 miliar dollar AS untuk 1MDB, perusahaan pengelola dana milik pemerintah Malaysia, yang diidentifikasi sebagai aksi korupsi dan pencucian uang.

Selain itu, tantangan dari perusahaan sekuritas China telah menggerus bisnis Goldman Sachs dan bank asing lain Morgan Stanley. Sebanyak tujuh dari 10 bank terkemuka berdasarkan kompilasi IPO di Bloomberg tahun ini, yakni bank China.

Kompas TV Bank Singapura Laporkan WNI yang Ikut Tax Amnesty

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com