Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aljazair Minta OPEC Bertindak untuk Stabilkan Harga Minyak

Kompas.com - 26/09/2016, 11:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

ALGIERS, KOMPAS.com - Menteri Energi Aljazair Noureddine Boutarfa meminta negara-negara produsen utama minyak di dunia harus mengambil keputusan guna menstabilkan harga minyak.

Hal ini diutarakan menjelang pertemuan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) pada Rabu (28/9/2016) mendatang. Harga minyak dunia sudah terdepresiasi setelah dua tahun terjadi banjir pasokan. Selain itu, pada OPEC sendiri terjadi ketidaksepakatan untuk mengendalikan produksi dan pasokan.

"Setiap negara di dalam organisasi (OPEC) sepakat pentingnya menstabilkan harga. Namun, kami masih mencari format yang bisa menyenangkan semua pihak. Solusi terbaiknya adalah penahanan produksi," ujar Boutarfa seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (26/9/2016).

Harga minyak jatuh dari puncaknya, yakni di atas 100 dollar AS per barrel pada pertengahan tahun 2014 menjadi 30 dollar AS per barrel pada bulan Januari 2016. Angka itu merupakan titik terendahnya dalam 13 tahun.

Akibatnya, kata Boutarfa, negara-negara anggota OPEC kehilangan antara 300 dollar AS sampai 500 juta dollar AS per hari.

Menurut dia, tidak ada satupun perusahaan minyak yang dapat bertahan apabila harga minyak tetap di bawah 50 dollar AS per barrel. Harapan persetujuan pembatasan produksi mendorong harga minyak menguat ke atas 46 dollar AS per barrel pekan lalu.

Akan tetapi, pada Jumat (23/9/2016) lalu harga minyak merosot lagi ke 44,48 dollar AS per barrel lantaran pesimisme investor meningkat.

Venezuela dan Irak, yang terpukul sangat keras akibat harga minyak yang anjlok, setuju dengan ide untuk menahan produksi demi menggenjot harga. Namun, Iran menolak ide tersebut lantaran ingin mengembalikan produksi ke level sebelum sanksi internasional dijatuhkan.

Dua belas negara anggota OPEC memproduksi sekira sepertiga produksi minyak dunia. Adapun keputusan produksi mereka akan memiliki dampak global pada harga minyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com