Jiwa Kewirausahaan Perlu Ditularkan Sejak Masa Kuliah - Kompas.com

Jiwa Kewirausahaan Perlu Ditularkan Sejak Masa Kuliah

Kompas.com - 26/09/2016, 21:24 WIB
Thinkstock Ilustrasi: Wirausaha

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM mendorong agar peranan kalangan perguruan tinggi ditingkatkan dalam menularkan pendidikan kewirausahaan kepada mahasiswa saat di bangku kuliah.

Hal tersebut dinilai penting untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan sehingga tercipta semangat inovasi dan kreativitas dalam diri mahasiswa untuk berwirausaha di kemudian hari.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengatakan, program pendidikan kewirausahaan penting terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Kewirausahaan menjadi isu penting dan strategis di tengah meningkatnya persaingan global yang memberikan tantangan berat kepada seluruh pelaku usaha di Indonesia, termasuk generasi muda sebagai calon-calon wirausahawan baru," ujar Agus di Jakarta, Senin (26/9/2016).

Hal itu diungkapkan Agus saat pembukaan 5th Unesco-APEID Meeting on Entrepreneurship Education di Kampus Binus, Jakarta.

Dia menjelaskan, tantangan pertumbuhan ekonomi ke depan adalah pengangguran dan kemiskinan.

"Salah satu strategi yang harus terus ditingkatkan adalah menjadikan wirausaha sebagai prioritas pilihan bagi kalangan mahasiswa," tambahnya.

Menurutnya, wirausaha merupakan pilar perekonomian suatu negara, kehidupan berwirausaha merupakan sokoguru dari tegaknya ekonomi bangsa.

“Pembangunan kewirausahaan dalam era globalisasi dibarengi dengan perkembangan digital yang sangat dinamis adalah tantangan dalam lingkungan bisnis yang semakin ketat dan tajam di dunia usaha," ujar Agus.

Agus menjelaskan, perguruan tinggi sebagai salah satu tempat penggodokan generasi muda memiliki peran untuk melatih dan memotivasi generasi muda agar menjadi generasi muda yang memiliki semangat serta daya juang tinggi, cerdas, kreatif, inovatif, dan berkepribadian tinggi.


EditorM Fajar Marta

Close Ads X