Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Panasonic Realisasikan Konsep Rumah Cerdas di Indonesia

Kompas.com - 28/09/2016, 18:36 WIB

KOMPAS.com - Tahun depan, Panasonic Gobel Indonesia (PGI) merealisasikan konsep rumah cerdas di Indonesia. Konsep itu, kata President Director PT PGI Hiroyoshi Suga, pada dasarnya terdiri dari empat pokok tahapan. "Ada empat pokok di dalam konsep itu," katanya pada Rabu (28/9/2016) dalam pergelaran  pameran International Indonesia Seafood and Meat Expo (IISM) ke-3 dan Refrigeration & HVAC Indonesia 2016 di Jakarta.

Lebih lanjut, Hiroyoshi menerangkan bahwa empat pokok tersebut adalah sistem pendinginan udara, penghematan energi melalui sel surya, dan sistem keamanan rumah melalui CCTV. "Yang keempat adalah seluruh sistem tadi dikontrol melalui smartphone," tuturnya.

Tahun ini, Panasonic membentuk Divisi AC Komersial. Divisi ini bagian dari Panasonic Business untuk memenuhi kebutuhan AC bagi masyarakat Indonesia.

Industri kreatif

Sementara itu, terkait dengan industri kreatif, kemarin, Panasonic meluncurkan Full-HD kamera HC-PV100 di Jakarta. Piranti ini membidik videografer profesional, khususnya yang berkecimpung pada industri kreatif yakni pelayanan perayaan pernikahan (wedding industry).

Seperti dikatakan Digital Imaging Product Manager PT PGI Agung Ariefiandi, industri pelayanan pesta pernikahan tengah berkembang pesat di Indonesia. “Dengan beragam budaya  untuk acara pernikahan yang penuh dengan warna dan pernik tradisional maupun modern sangat layak untuk diabadikan dengan baik," kata Agung.

Catatan dari Direct Promotion Wonderful Indonesia pada Juni 2016 menunjukkan, pendokumentasian pernikahan di Indonesia sejatinya didukung oleh lokasi-lokasi pariwisata lokal. Tantangan yang mesti dihadapi adalah kebutuhan akan informasi komplet ihwal lokasi-lokasi pariwisata tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com