Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Konglomerat Jepang Berencana Lebur Operasi Bahan Bakar Nuklir

Kompas.com - 29/09/2016, 11:20 WIB
Aprillia Ika

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Tiga konglomerat Jepang sedang dalam pembicaraan untuk mengkombinasikan operasi bahan bakar nuklir untuk pasaran domestik mereka yang merugi.

Hal ini dipaparkan oleh salah satu nara sumber yang mengetahui mengenai pembicaraan ini kepada Reuters. Menurut nara sumber, pembicaraan ini menjadi awal baru setelah krisis reaktor nuklir di Fukushima diperkirakan akan terus merebak.

Tiga konglomerat Jepang tersebut yakni Hitachi Ltd, Toshiba Corp, dan Mitsubishi Heavy Industries Ltd. Mereka berencana melebur operasional pada musim semi 2017 mendatang.

Nara sumber yang enggan diidentifikasi ini menambahkan bahwa tiga konglomerat ini sudah memetakan sejumlah opsi untuk beroperasi bersama-sama dalam bisnis bahan bakar nuklir, tetapi belum satu pun opsi disepakati.

Sebelumnya, penolakan publik atas reaktor nuklir di Jepang terus meluas seiring semakin sadarnya masyarakat akan keselamatan mereka. Dari 42 reaktor nuklir di Jepang, hanya ada tiga yang belum berfungsi seperti sediakala.

Sebelumnya pada 2011, gelombang tsunami dan gempa bumi merusakkan PLTN Fukushina Daiichi milik Tokyo Electric Power Co.

Menurut nara sumber, tiga perusahaan Jepang tersebut akan mencapai kesepakatan di akhir tahun ini. Kemungkinan nantinya kerja sama ketiganya akan berbentuk sebuah holding company, seperti dikutip dari harian Nikkei.

Kompas TV Tenaga Nuklir dan Dampak Ekonomi - AIMAN eps 39 bagian 4

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com