Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agen Penjual Surat Utang Wajib Sosialisasi ke Indonesia Bagian Tengah dan Timur

Kompas.com - 29/09/2016, 14:15 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mendorong agen penjual surat utang negara, khususnya Obligasi Negara Ritel Seri ORI013, untuk melakukan sosialisasi surat utang ke wilayah Indonesia bagian tengah dan timur.

Hal ini dimaksudkan agar investor yang bisa membeli ORI013 tidak hanya terkonsentrasi di wilayah barat.

Direktur Surat Utang Negara, Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko, Kementerian Keuangan, Loto Srianita Ginting mengatakan, dalam rangka penerbitan ORI013, sebanyak 24 agen penjual akan menggelar investor gathering di 39 kota, mulai dari 29 September 2016 hingga 20 Oktober 2016.

Pemerintah berharap, para agen penjual tidak hanya memberikan informasi mengenai ORI013 yang akan diperoleh investor, melainkan juga pengelolaan surat utang negara dan pengelolaan utang negara.

"Kami juga berharap jangkauan penjualan ORI, terutama di Indonesia bagian tengah dan bagian timur, semakin meningkat. Sehingga kami mewajibkan agen menggelar investor gathering minimum satu kali di Indonesia Tengah dan Timur," kata Loto di Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Saat ini ada 24 agen penjual ORI, terdiri dari 18 bank serta enam perusahaan efek. Dalam kesempatan sama, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Robert Pakpahan mengatakan, investor ORI masih didominasi wilayah barat Indonesia (tidak termasuk Jakarta).

"Rata-rata jumlah investasi mereka 48,71 persen dari total investasi investor," kata Robert.

Adapun investor di Jakarta saja menguasai 40,21 persen dari total investasi. Adapun investor dari Indonesia bagian tengah dan timur hanya kisaran 11,78 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com