Ini Alasan Kenapa Anda Selalu Gagal Memulai Bisnis - Kompas.com

Ini Alasan Kenapa Anda Selalu Gagal Memulai Bisnis

Kompas.com - 30/09/2016, 19:14 WIB
Thinkstockphotos Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Begitu banyak pebisnis yang meraih kesuksesan dari usaha yang dilakukannya. Jika kesuksesan tersebut diraih sejak muda tentunya membuat kita terinspirasi untuk mengikuti jejak mereka.

Meskipun begitu, sampai sekarang Anda tidak pernah memulai bisnis yang Anda impikan dan selalu bertanya-tanya mengapa Anda tidak pernah bisa memulai bisnis tersebut.

Tentunya setiap pengusaha sukses pun pernah mengalami hal tersebut, karena tidak mungkin mereka langsung memperoleh kesuksesan tersebut dengan instan.

Namun yang membedakan pengusaha sukses dan yang tidak adalah bahwa pengusaha sukses memiliki keberanian untuk melakukan langkah pertama dalam setiap bisnis yang mereka geluti.

Lalu, kira-kira seperti apa alasan yang membuat Anda ragu untuk memulai bisnis yang diimpikan?

1. Anda selalu merasa bahwa berbisnis itu sulit

Semua bisnis yang terjadi di dunia ini memiliki kesulitanya masing-masing. Bahkan meskipun Anda hanya berjualan di toko kelontong, pasti ada masalah yang harus dihadapi nantinya.

Ketakutan akan adanya masalah ini yang terkadang membuat kita tidak berani untuk bergerak memulai bisnis. Ayo, buang ketakutan Anda, dan mulailah berbisnis dari sekarang.

2. Anda merasa bahwa usia merupakan penghalang terbesar untuk berbisnis

Jumlah pengusaha yang berhasil sukses di usia muda sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Mereka mampu berhasil di atas stigma bahwa kesuksesan berbisnis itu bisa diperoleh pada usia yang sudah matang. Karena itulah usia bukan suatu alasan mengapa anda selalu gagal memulai bisnis.

3. Anda takut akan penolakan

Semua bisnis yang dilakukan tentunya mustahil bisa 100 persen berjalan mulus tanpa adanya penolakan. Sebagai contoh, Anda ingin berbisnis tapi tidak diizinkan oleh istri atau orang tua dengan alasan bisnis itu tidak dijamin akan berhasil.

Tapi, bukankah bisnis yang baik itu adalah bisnis yang dijalankan? Kita tidak akan tahu kalau bisnis yang dijalankan akan berhasil atau tidak. Hanya saja, jika Anda menemui kegagalan, belajarlah dari kegagalan itu agar kedepannya jika mendirikan bisnis baru, kesalahan itu tidak terulang lagi.

4. Anda tidak tahu darimana harus memulai

Percayalah, setiap bisnis apapun yang Anda lakukan pasti memiliki kesempatan untuk berhasil apabila dilakukan dengan benar.

Anda bisa belajar ilmunya dari pebisnis yang sudah terjun lebih dulu dan memiliki pengalaman yang cukup di bidang yang sesuai dengan yang diinginkan.

Intinya adalah Anda harus memiliki kemauan untuk belajar dan tidak bosan untuk mencari ilmu dari berbagai sumber yang ada baik dari buku, media cetak maupun internet.

5. Waktu yang Anda miliki terbatas

Kegiatan bisnis memerlukan manajemen waktu yang bagus. Untuk itu Anda harus membuat sebuah prioritas mana saja kegiatan yang harus dilakukan saat itu juga dan mana kegiatan yang tidak terlalu penting.

Sehingga apapun yang Anda lakukan dalam satu hari tersebut bisa bermanfaat dengan baik tanpa ada waktu yang terbuang dengan percuma.

6. Risiko dalam bisnis begitu besar sehingga anda merasa takut akan gagal

Bisnis memang penuh dengan risiko. Bisa dibilang hampir sama dengan berjudi. Itulah mengapa persentase orang yang berbisnis sangat kecil dibandingkan dengan orang yang bekerja pada orang lain dan menerima penghasilan tetap.

Tapi jika Anda menghentikan langkah untuk memulai bisnis hanya karena alasan tersebut tentunya itu merupakan keputusan yang salah. Apa Anda mengira orang yang bekerja tidak memiliki risiko akan dipecat atau hal lain yang bisa membuatnya berhenti melakukan pekerjaan tersebut?

Pola pikir semacam itulah yang harus dirubah dan Anda harus menyadari bahwa mengalami kegagalan itu bukan merupakan akhir dari dunia.

Cobalah untuk bangkit kembali dan ketika sudah sampai di puncak, semua kegagalan yang anda alami tentunya akan menjadi memori manis yang akan selalu dikenang seumur hidup.

Kompas TV My Size, Bisnis Pakaian Ukuran Besar

EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM