Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Aksi Sederhana untuk Menghemat Pengeluaran Sehari-hari

Kompas.com - 02/10/2016, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang melakukan pengeluaran hampir setiap hari, minimal untuk makan atau minum sehari-hari.

Jika kamu tidak jeli dalam mengelola pengeluaran kamu, maka bisa jadi jumlah yang keluarkan tidak bisa terkendali alias boros.

Jika kamu ingin memulai berhemat, enam aksi sederhana ini bisa membantu kamu:

1. Masak bekal sendiri

Masak sendiri untuk bekal atau makan malam merupakan cara hemat yang jitu. Kalau kamu jago memasak, jangan sia-siakan kemampuan kamu dengan tidak memasak bekal sendiri.

Bagi kamu yang tidak pandai memasak, kamu bisa belajar memasak nasi, telur, atau masakan sederhana lain yang tidak terlalu membutuhkan keahlian memasak.

Membawa sendiri nasi dan telur sudah membuat kamu berhemat sekitar Rp 5.000 per hari. Jika dikumpulkan, dalam sebulan kamu bisa hemat hingga Rp 150.000 atau Rp 1,8 juta per tahun. Besar juga kan?

2. Bagi makanan bersama teman-teman

Tips ini bisa dicampur bersama dengan tips membuat bekal sendiri. Misalnya, kamu yang membawa nasi dan telur karena tidak bisa memasak.

Teman kamu yang jago masak lauk pauk membawa bekal lauk saja. Kalian bisa saling share makanan yang dibawa.

3. Cobalah nongkrong ‘gratis’

Nongkrong tidak harus dilakukan di mall. Untuk ganti suasana, kamu bisa nongkrong bersama pasangan atau teman-teman kamu di objek wisata atau taman kota yang gratis.

Bawa makanan dan camilan sendiri untuk dimakan bersama, tapi jangan sampai kamu membuang sampah sembarangan atau mengotori tempat publik ya.

4. Usahakan untuk sewa kos atau rumah kontrak bersama

Bagi kamu yang belum menikah dan kebetulan tempat tinggal kamu cukup jauh dari tempat bekerja, cobalah manfaatkan keadaan ini untuk mencari teman-teman seperjuangan untuk menyewa kos atau rumah kontrak bersama.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com