Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Periode Dua, Pelaporan Harta "Tax Amnesty" Tertahan di Kisaran Rp 3.600 Triliun

Kompas.com - 03/10/2016, 19:41 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lonjakan pelaporan harta program pengampunan pajak atau tax amnesty pada awal periode kedua tidak signifikan.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) yang dikutip Kompas.com pada Senin (3/10/2016) pukul 18.00 WIB, pelaporan harta mencapai Rp 3.629 triliun.

Rinciannya harta deklarasi dalam negeri Rp 2.539 triliun, deklarasi harta di luar negeri Rp 952 triliun, dan harta yang dibawa pulang ke Indonesia atau repatriasi Rp 137 triliun.

Dibandingkan data Sabtu (1/10/2016) pukul 10.00 WIB, harta tax amnesty yang dilaporkan mencapai Rp 3.620 triliun dengan Rp 2.352 triliun di antaranya merupakan harta yang berasal dari dalam negeri.

Artinya dalam dua hari kenaikan pelaporan harta hanya Rp 9 miliar saja. Angka ini tentu sangat kecil bila dibandingkan kenaikan pelaporan harta pada satu minggu terakhir September yang angkanya bisa mencapai ratusan triliun dalam satu hari.

Kondisi itu sudah diprediksi oleh Direktorat Jenderal Pajak jauh-jauh hari. Sebab, wajib pajak memang mengejar tarif tebusan termurah pada periode pertama.

Pada periode kedua, tarif uang tebusan deklarasi dalam negeri dan repatriasi naik dari 2 persen menjadi 3 persen. Sedangkan tarif tebusan untuk deklarasi luar negeri naik dari 4 persen menjadi 6 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com