Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Swedia Sepakat Kerja Sama Bisnis Bidang Transportasi

Kompas.com - 04/10/2016, 20:00 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dan Swedia bersepakat melakukan kerja sama bisnis di bidang transportasi. Ini dilakukan untuk memperat hubungan kedua negara.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam surat kerja sama bisnis atau Letter of Intent yang ditandatangani oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Perdagangan dan Urusan Uni Eropa Swedia Ann Linde di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Selasa (4/10/2016).

Dalam kerja sama ini, Menhub meminta kepada Swedia untuk berkomitmen menyediakan sarana transportasi di Indonesia. Salah satunya, meminta Swedia membuka pabrik bus Scania di Indonesia. 

"Saya minta mereka punya Bus Scania dan Volvo agar dapat memproduksi di sini (Indonesia)," ujar Budi saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta.

Menhub menuturkan, kerja sama tersebut tidak hanya dalam sektor transportasi saja. Akan tetapi, kata dia, kedua negara juga bekerja sama di bidang pendidikan.

Kerja sama ini juga, kata Menhub, ke depannya akan diperdalam melalui pengaturan lanjut berupa nota kesepahaman antara kedua belah pihak. 

"Hubungan baik ini harus kami kapitalisasi jangan terbatas kami hanya sebagai user saja," ucap Mantan Dirut PT Angkasa Pura II(Persero) ini.

Sementara itu, Menteri Perdagangan dan Urusan Uni Eropa Swedia Ann Linde mengatakan, kerja sama tersebut penting bagi Swedia untuk membangun hubungan baik dengan Indonesia.

Dirinya juga ingin membangun hubungan lebih dalam dengan Indonesia untuk mendorong penyediaan transportasi. 

"Saya kira pertemuan ini untuk mencari peluang kerja sama. khususnya dalam keberlanjutan transportasi dan infrastruktur dan saat ini ada beberapa bus Swedia Scania ada di Jakarta. Saya pikir ini akan lebih banyak kesempatan bisnis dan kerja sama," pungkas dia. 

Kompas TV Nyaman dan Aman Tidak Jadi Prioritas Angkutan Umum

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com