Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Potensi Risiko Bisnis, Komisi I DPR Awasi Revisi Aturan "Network Sharing"

Kompas.com - 06/10/2016, 11:16 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi I DPR berjanji untuk mengawasi proses revisi aturan mengenai berbagi jaringan infrastruktur telekomunikasi atau network sharing agar tidak terjadi polemik dalam implementasinya. Walaupun, revisi aturan tersebut merupakan domain pemerintah

Seperti diketahui, aturan network sharing akan masuk dalam revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi  dan PP No. 53 Tahun 2000 tentang Penggunaan Spektrum Radio dan Orbit Satelit.

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengatakan hal tersebut saat menerima perwakilan dari Lembaga Independen Pemantau Kebijakan Publik yang dipimpin oleh Sheilya Karsya di Komisi I DPR, Rabu (5/10/2016) kemarin.

Abdul Kharis ditemani oleh Wakil Ketua Komisi I Meutya Hafidz dan sejumlah anggota Komisi I lain.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Lembaga Independen Pemantau Kebijakan Publik menyampaikan keluhan tentang proses revisi PP 52 dan 53 Tahun 2000 yang dinilai kurang transparan.

Selain tidak transparan, Lembaga ini juga menilai revisi PP tidak sesuai dengan semangat pemerintah mendorong penyediaan jaringan telekomunikasi nasional sesuai UU 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi.

"Yang perlu saya sampaikan, meskipun revisi PP adalah domain pemerintah, DPR punya tanggung jawab mengawasi agar proses revisi taat azas dan tidak menimbulkan masalah," kata Abdul, melalui keterangannya, Rabu (6/10/2016).

Lembaga Independen Pemantau Kebijakan Publik dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, pihaknya menilai langkah revisi yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) belum sesuai dengan peraturan.

Sebab, langkah revisi seharusnya terbuka, transparan dan melibatkan unsur masyarakat dalam memberikan masukan.

"Kenyataannya, revisi PP berjalan tertutup. Padahal sebelumnya kami telah mendatangi dan meminta BRTI agar proses revisi PP dapat berjalan terbuka," kata Sheila.

Risiko Bisnis

Selain itu, ada dampak negatif pada bisnis telekomunikasi jika revisi PP tersebut disahkan secara sepihak.

Lembaga ini menilai, secara bisnis kebijakan network sharing dan spectrum sharing dalam revisi PP No. 52 dan 53 Tahun 2000 justru membuat operator telekomunikasi malas membangun jaringan baru.

Operator juga akan condong mengandalkan operator eksisting, padahal ada risiko jangka panjang yang besar.

"Terutama, jika lebih banyak mengandalkan satu jaringan telekomunikasi tanpa back-up, khususnya untuk kawasan pelosok seperti di luar Jawa," lanjut Sheila.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com