Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usaha Angkasa Pura II Berencana Bangun Hotel di Sekitar Bandara

Kompas.com - 07/10/2016, 17:02 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

TANGGERANG, KOMPAS.com - Anak usaha PT Angkasa Pura II (Persero) yakni Angkasa Pura Propertindo berencana membangun hotel di kawasan bandara kelolaan perseroan.

Rencana tersebut berangkat dari besarnya minat masyarakat terhadap tempat penginapan untuk transit di bandara.

Direktur Angkasa Pura Propertindo, Wisnu Raharjo mengatakan, untuk pembangunan hotel di kawasan Soekarno-Hatta Cengkareng, pihaknya tengah mengonsultasikannya dengan pihak pengembang dan konsultan properti.

"Di Bandara Soekarno-Hatta dalam waktu dekat akan dibangun hotel, sedang dalam penyusunan review konsep pengembangan hotel yang kira-kira cocok dengan kebutuhan pasar, tentunya kami cukup berhati-hati dalam membangun hotel mengingat di sekitar bandara sudah banyak hotel," ujar Wisnu di Kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Jumat (7/10/2016).

Selain di Soekarno-Hatta, pihaknya juga akan menggunakan salah satu lantai di Bandara Kualanamu Medan untuk membangun 114 kamar transit maupun menginap.

Adapun alasan Angkasa Pura Propertindo membangun 114 kamar di Bandara Kualanamu, mengingat kebutuhan para pebisnis yang hanya memiliki waktu singkat untuk transit di bandara cukup besar.

Apalagi jika penumpang ingin menginap di hotel, untuk sampai pusat kota Medan berjarak sekitar 40 kilometer. Hal itulah yang mendasari pembangunan kamar penginapan di Bandara Kulanamu Medan.

"Peruntukan lantai itu dulu memang untuk perkantoran tetapi ada kebutuhan untuk hotel. Luasnya 7.000 meter persegi, bisa untuk dibangun 114 kamar," tutur Wisnu.

Terkait pendanaan, pihaknya akan menganggarkan sebesar Rp 50 miliar guna membangun hotel tersebut. "Pendanaan full equity dari kami. Bulan depan pembangunan hotel transit di lantai mezanine bandara Kualanamu, di Agustus (2017) diharapkan sudah bisa digunakan," ucap Wisnu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com