Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AAEI: Ekonomi Membaik Berkat "Tax Amnesty", Waktunya Investasi Saham

Kompas.com - 09/10/2016, 09:27 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membaiknya perekonomian dalam negeri yang salah satunya ditopang oleh program amnesty pajak, melatarbelakangi Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) mengajak masyarakat untuk berinvestasi saham.

"Adanya program amnesti pajak merupakan momentum yang baik untuk berinvestasi di saham," ujar Ketua AAEI, Haryajid Ramelan saat dihubungi wartawan, Minggu (9/10/2016).

Untuk memudahkan masyarakat dalam menentukan pilihan investasi di saham, AAEI telah melakukan kajian terhadap kinerja perusahaan tercatat yang terdapat di papan PT Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Kami melakukan kajian terutama pada laporan keuangan emiten atau perusahaan tercatat di BEI di 5 tahun terakhir," ujar Haryajid.

Haryajid mengatakan, salah satu kriteria dalam pemilihan emiten itu di antaranya dividen yang dibagikan emiten, keterbukaan informasi yang disampaikan perusahaan, serta penerapan tata kelola perusahaan yang baik (GCG), termasuk opini yang beredar di masyarakat.

"Kajian emiten akan dilakukan setiap enam bulan, karena ini untuk mendukung program BEI yakni 'Yuk Nabung Saham'," katanya.

Menurut Haryajid Ramelan, keberhasilan investasi melalui nabung saham sangat bergantung dengan kinerja perusahaan yang dipilih. Oleh karena itu, pemilihan emiten yang akan dijadikan objek nabung saham sangatlah penting.

"Nabung saham sifatnya jangka panjang dan mengutamakan return dari dividen yang diberikan. Oleh karena itu, kami memberikan analisa mengenai emiten yang tepat untuk dijadikan pilihan pada program nabung saham," ujar dia.

Kompas TV Dampak Amnesti Pajak ke Pasar Saham & Rupiah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com